by

Mutasi Baru Polda Sumsel, 4 Perwira Segera Bertugas di OKU, Kasat Lantas Dijabat Perempuan

Kapolda Sumsel Irjen Priyo Widyanto (foto dokumen)

Beritatotal.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto menerbitkan Surat Telegram perihal mutasi seratus lebih jabatan di lingkup Polda Sumsel. Empat diantaranya adalah jabatan perwira di Polres Ogan Komering Ulu (OKU).

Surat telegram tersebut ditandatangi Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Anthony Agustinus K SIK SH ST/362/III/KEP/2020 tanggal 18 Maret 2020.

Dalam telegram itu tercantumm 107 jabatan yang dimutasi baik dalam rangka pendidikan, promosi, penyegaran sampai dalam rangka pemeriksaan.

Empat jabatan perwira Polres OKU yang dimutasi masing-masing Waka Polres OKU, Kasat Lantas, Kapolsek Baturaja Timur, dan Kasat Narkoba.

Dimana Waka Polres OKU saat ini dijabat Kompol Kompol  Zulkarnain SH SIK MH dan Kapolsek Baturaja Timur AKP Liswan Nurhapis SH, masing-masing sedang mengikuti pendidikan Sespimmen dan Sespmimma.

Pengganti Kompol Zulkarnain adalah Kompol Edi Rahmat Mulyana SIK MH yang kini menjabat Kapolsek Ilir Timur I Polrestabes Palembang.

Menariknya, dalam dua kali mutasi terakhir untuk jabatan Wakapolres OKU, diemban perwira yang sama-sama pernah dan masih menjabat Kapolsek Ilir Timur I Palembang.

Sedangkan untuk jabatan Kapolsek Baturaja Timur akan diisi AKP Sulis Pujiono SH yang sebelumnya jabat Paur 3 Bagjarlat SPN Polda Sumsel.

Untuk jabatan Kasat Narkoba, pejabat saat ini AKP Novan Dwi Putra dimutasi dalam jabatan baru sebagai Panit I Unit 2 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Sumsel.

AKP Novan sendiri sebenarnya lulus dalam tes sespimma bersamaan dengan AKP Liswan Kapolsek Baturaja Timur. Namun AKP Liswan belum diberangkatkan dalam pendidikan dikarenakan masuk gelombang kedua.

Penggantinya sebagai Kasat Narkoba Polres OKU yang baru nanti diisi Iptu Jatrat Tunggal Rachmat Wicaksono Prakoso SIK. Kini dia masih menjabat Ps Kapolsek Tulung Selapan Polres OKI.

Sementara itu untuk pergantian jabatan Kasatlantas OKU cukup berbeda dari selama ini. Dimana dalam telegram tersebut jabatan Kasat Lantas OKU akan dialihkan kepada seorang perwira perempuan.

Yakni AKP Betty Purwanti yang saat ini juga menjabat Kasatlantas Prabumulih. Sedangkan pejabat lama AKP M Alka dimutasi sebagai Paur Subbidmultimed Bidhumas Polda Sumsel.

Selain mutasi empat jabatan perwira di Polres OKU tersebut, tercantum pula nama-nama perwira yang pernah bertugas di Polres OKU mendapat promosi dan penyegaran jabatan.

Ada mantan Wakapolres OKU Kompol Suryadi SIK diangkat dalam jabatan baru sebagai Ps Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumsel. Sebelumnya dia menjabat Ps Kasubdit 4.

Lalu ada nama mantan Kapolsek Peninjauan dan Kapolsek Sosoh Buay Rayap AKP Adi Sapril HS SH MH. Kini AKP Adi Sapril menjabat Panit 3 Subdit 5 Ditintelkam Polda Sumsel.

Dalam telegram itu penyandang DAN V Internasional Sabuk Hitam Karate tersebut dipercaya sebagai Kasat Intelkam Polres OKU Selatan. Jabatan Kasat Intelkam bukan hal yang baru bagi AKP Adi Sapril.

Setelah bertugas di OKU dengan jabatan terakhir Kapolsek Sosoh Buat Rayap, AKP Adi Sapril berturut-turut dipromosikan menjabat Kasat Intelkam Polres Lahat, Polres OKU Timur dan Polres Prabumulih.

Kemudian perwira yang pernah bertugass di OKU lainnya tercantum dalam mutasi baru Polda Sumsel ada nama AKP Yuliko Saputra SH.

Mantan Kapolsek Baturaja Barat tersebut usai mengikuti pendidikan Sesmpimma mendapat promosi jabatan sebagai Kanit Provos SPN Polda Sumsel.

Dimutasi kali ini AKP Yuliko akan ditugaskan di Polres PALI sebagai Kasat Shabara menyusul tiga rekannya yang lain pernah bertugas di Polres OKU kini semuanya menjadi Kasat.

Yaitu AKP Saharudin mantan Kapolsek Peninjauan kini Kasat Lantas PALI, Iptu Roy Zulistrin mantan Kapolsek Lubuk Raja kini Kasat Intelkam Polres PALI, AKP Syamsu Rizal mantan Kapolsek Lubuk Batang kini Kasat Binmas Polres PALI.

Satu lagi perwira yang pernah bertugas di Polres OKU masuk dalam daftar mutasi terbaru Polda Sumsel. Atas nama Kompol Adik Listiyono SIK yang pernah menjadi Kasat Lantas Polres OKU.

Kompol Adik bergeser sebagai Kasi STNK yang sebelumnya Kasi Fasmat SBST pada Subditregident Ditlantas Polda Sumsel. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.