by

Wawako Palembang Geram Lihat Fasilitas Museum

Beritatotal.com – Keberadaan museum sarat nilai sejarah di Palembang mendapat perhatian serius pemerintah kota setempat. Pemerintah Kota Palembang melalui Wakil Walikotanya Fitrianti Agustinda ingin kembali berdayakan museum tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah.

Keseriusan pemerintah membidik aset bersejarah untuk dijadikan destinasi wisata makin gencar. Apalagi kota ini akan menyongsong perhelatan pesta olahraga berskala internasional, Asian Games. Dimana Palembang menjadi tuan rumahnya.

Wakil Walikota Fitri pun, sapaan akrab Wawako Palembang mulai menyisir kesiapan titik-titik destinasi wisata. Dia memantau baik dari segi kenyamanan, kebersihan, keamanan dan kemudahan aksesnya. Dua museum kebanggan Kota Palembang disambangi Fitri. Pertama Museum Sultan Mahmud Badaruddin II lalu dilanjutkan ke Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).

Saat melihat keadaan museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Fitri merasa sedikit geram. Pasalnya ia menemukan banyak barang bersejarah yang terbengkalai tergeletak begitu saja. Tak hanya itu, bahkan atap plafon dan lantainya sudah banyak yang bolong dan dikhawatirkan akan ambruk. Apalagi jika banyak orang yang berdiri di atas lantai kayu tersebut.

Belum lagi kurangnya penerangan, pendingin udara dan kamera keamanan atau CCTV yang sudah lama tidak berfungsi. “Kita ingin lebih hidupkan lagi museum ini. Secepatnya akan kita benahi sehingga para turis seakan-akan bisa merasakan suasana Kota Palembang pada zaman dulu,” tegasnya.

Setelah mengelilingi museum tersebut, Fitri bergegas menuju lokasi kedua yakni Monpera untuk melihat kondisi destinasi wisata sejarah tersebut. Berbeda di lokasi pertama, di musem berseberangan Masji Agung ini, Fitri melihat keadaanya lebih baik dari lokasi pertama.

Dimana kamera keamanan semuanya aktif, pendingin udaranya juga sejuk. “Hanya saja ada beberapa fasilitas yang rusak tergerus waktu, namun akan segera kita betulkan juga,” tukasnya. Disela kunjungan, Fitri menyempatkan diri menanam sendiri tanaman hias untuk mempercantik halaman Monpera. (zuh)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.