by

Warga Saung Naga Serahkan Senpira ke Kapolsek Peninjauan

Beritatotal.com – Kesadaran salah seorang warga Desa Saung Naga Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU satu ini patut diapresiasi. Sudah lama menyimpan senjata api rakitan (senpira) yang tidak diperbolehkan hukum negara di rumahnya, akhirnya berinisiatif menyerahkan senpira kesayangannya itu ke pihak berwajib.

Sesuai domisili wilayah hukumnya, senpira tersebut diserahkan ke Polsek Peninjauan melalui Kepala Desa Saung Naga, Andi Heryandi (42).

Senpira warganya itu diserahkan Andi dan diterima Kapolsek Peninjauan Iptu Indra Wilis di ruang polsek setempat. Penyerahan benda berbahaya ini pun telah dibuatkan berita acaranya oleh Kapolsek AKP Indra Wilis dan telah dilaporkannya ke Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH.

“Dalam Operasi Senpi Musi 2021 pada Kamis lalu (18/3/2021, red) kita telah menerima dan mengamankan sepira milik warga yang diserahkan melalui Kades Saung Naga dengan sukarela,” kata AKP Indra Wilis, Minggu (21/3/2021).

Mewakili Kapolres OKU, AKP Indra Wilis berterimakasih atas kesadaran warga OKU khususnya yang ada di wilayah hukum Polsek Peninjauan untuk menyerahkan senpira kepada kepolisian setempat.

“Ini juga bukti bahwa warga sudah semakin mengerti serta taat akan hukum,” imbuhnya.

Kapolsek menjelaskan, ini merupakan salah satu bentuk tindakan persuasif dari pihak kepolisian terkait Operasi Senpi Musi 2021. Maka masyarakat secara perlahan-lahan akan sadar hukum untuk menyerahkan senpira yang dimiliki karena bertentangan dengan Undang-Undang yang berlaku.

“Dengan tindakan preventif dan persuasif tindakan kepolisian, maka akan menekan angka kriminalitas sehingga mengurangi gejolak gangguan kamtibmas khususnya di wilkum Polsek Peninjauan,” tegasnya.

AKP Indra Wilis menghimbau warga yang masih menyimpan senpira secara ilegal kiranya untuk segera menyerahkan.

Sebab kata dia tidak ada untungnya menyimpan barang tersebut, malah melanggar hukum dan bisa mengatarkan pemegangnya ke balik jeruji besi. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.