by

Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel Tegas Tak Setuju Aktivitas Tambang Dekat Kawasan Wisata

Beritatotal.com – Wakil Ketua Komisi III DPRD Babel, Azwari Helmi, mengatakan, dirinya tidak setuju dengan aktivitas tambang yang berada di dekat kawasan pariwisata.

Hal tersebut dikemukakan Helmi menanggapi pernyataan Pj Gubernur Babel yang menyebut

pertambangan timah perairan Teluk Rubiah, tidak mengganggu infrastruktur dan destinasi wisata, saat berkunjung ke Muntok, Selasa (22/11/2022) lalu.

“Kalau saya pribadi walaupun IUP itu ada yang kata garis imajiner, tetapi kami belum paham betul, jangankan masyarakat. Karena banyak kita awam. Jadi walaupun ada IUP itu memang ada saya pribadi, apakah tidak ada tempat lain di Bangka untuk bisa berusaha,” jelas Helmi, Jumat (25/11/2022).

Sekedar diketahui, sebanyak 1.500 ponton tambang atau  Ponton Isap Produksi (PIP) diketahui bakal mengelilingi perairan di Kabupaten  Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung untuk mengambil biji timah.

Helmi, anggota DPRD Babel dari dapil Bangka Barat ini, menyarankan agar aktivitas tambang tak dilakukan di tempat itu, karena sesuai dengan maklumat atau plang yang terpasang dilokasi bahwa itu daerah wisata.

“Kalau bisa coba jangan dekat situ cari tempat lain, banyak tempat lain di Babel ini yang mengganggu masyarakat setempat. Itulah dari saya. Perlu kita evaluasi, kalaupun sudah ada pembangunan wisata, dan sudah ada maklumat, ada plang PUPR. Artinya itu sudah dikaji dari lama jadi perlu evaluasi,” tegasnya.

Politikus PPP ini, mengajak pemerintah bersama-sama berfikir positif, agar tidak ada tempat yang dijadikan kawasan wisata tetapi tetap ditambang.

“Rasanya, antara wisata dan penambang ini agak susah menyatukan itu. Cuman kalau gubernur bisa, alhamdulilah, dapat menyatukan sinergikan tambang dengan dengan wisata mungkin ada ilmu baru untuk menyatukan itu,” lanjutnya

Helmi menegaskan, komisi III DPRD Babel bakal terus mengawal persoalan ini dan melakukan koordinasi serta komunikasi untuk menyelesaikannya.

“Insya Allah nanti kita koordinasi dengan pemda, bagaimana yang bagusnya kondisi di daerah Teluk Rubiah  itu kita komunikasi, kalau bisa tidam ada dirugikan untung semua, dari masyarakat, dan pengusaha untung itu jauh lebih bagus,” harapnya. (san)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.