by

Toni Mukti Ajak Masyarakat Tingkatkan Inovasi Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi

Beritatotal.com – Politisi PDI Perjuangan Toni Mukti, terus berupaya memberi semangat kepada masyarakat untuk terus berinovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Menurut  dia, ekonomi kreatif bisa menjadi salah satu kunci membangkitkan kembali pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Daerah Pemilihan (Dapil) Bangka Selatan ini, ketika melaksanakan penyebarluasan Perda Provinsi Kepulauan Babel No 9 Tahun 2018 tentang Pengembangan ekonomi kreatif, Senin ( 10/05/2021).

Penyebarluasan perda dimaksud oleh Toni dipusatkan di Balai Desa Kantor Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan.

“Di tengah badai Pandemi ini, saya pikir Perda yang berkaitan dengan ekonomi kreatif, sudah sangat tepat. ekonomi lagi lesu, bagaimana kita memberikan spirit atau semangat kepada masyarakat agar ekonomi kembali bergeliat,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak abai dan selalu mematuhi protokol kesehatan, dalam menjalani aktivitas dikehidupan sehari sehari ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Kita jangan pernah abai, kita harus patuh protokol kesehatan terutama 3 M itu tidak boleh kita lewatkan yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan atau memakai handsanitizer,” pesannya.

Tak hanya itu, katanya, dukungan dan peran serta masyarakat dalam mendukung program pemerintah menjadi kunci sukses dalam memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

Perda No 9 Tahun 2018 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif ini memuat substansi pengaturan mengenai tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif, pengembagan sumber daya manusia, pengembangan usaha Industri Kreatif, akses pembiayaan bagi Pelaku Ekonomi Kreatif, fasilitasi dari Pemerintah Daerah bagi Industri Kreatif, pemberian penghargaan, serta pola kerja sama dalam rangka meningkatkan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

“Tadinya masyarakat kita pasif, dapat menjadi masyarakat  yang inovatif dan kreatif. supaya dapat menciptakan nilai tambah terutama di keluarga, didesa masing-masing maupun didesa sekitarnya,” jelasnya.

Ia berharap, agar masyarakat terutama para pelaku ekonomi kreatif, untuk dapat terus meningkatkan kreativitas dan berinovasi dalam memanfaatkan dan mengelola berbagai potensi yang ada didaerah, sehingga dapat menjadi nilai tambah ekonomi keluarga, desa maupun ekonomi didaerah.

Untuk diketahui, Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar merupakan desa sentra peternakan sapi. Selain itu juga sebagai sentra penghasil buah salak pondoh di Bangka Selatan.

Saat ini yang berkaitan dengan ekonomi kreatif di Desa Panca Tunggal, telah terbentuk kelompok ternak sapi dan kelompok yang memproduksi pupuk organik, sehingga menjadi salah satu sumber ekonomi terbesar masyarakat di desa tersebut.

“Tugas kita disamping mendorong Supaya pupuk organik ini terus berkembang Paling tidak Memenuhi permasalahan lokal di bangka belitung dan masyarakat di sini Untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia.” pungkas Toni. (khoi/rel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.