by

Timsus Lumba-Lumba Polsek Lubuk Batang Tembak Bandit Lintas Kabupaten

3 bandit lintas kabupaten 2 ditembak diamankan di Polsek Lubuk Batang dan AKP Ujang Abdul Aziz mengecek truk hasil kejahatan pelaku

Beritatotal.com – Tiga bandit datangan yang mengobok-obok wilayah hukum Polres OKU, ditangkap Tim Khusus (Timsus) Lumba-Lumba Unit Reskrim Polsek Lubuk Batang pimpinan AKP Ujang Abdul Aziz.

Dua dari tiga tersangka tersebut tersungkur diterjang timah panas karena berusaha kabur saat dibawa untuk menunjukkan barang bukti.

Tersangka yang ditembak masing-masing Suryanto (51), warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur, dan Suratman (36), warga Desa Rejo Sari, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur,

Sedangkan tersangka yang digelandang ke Polsek Lubuk Batang dalam kondisi kedua kakinya “mulus” adalah Rudi Adisman (31), warga Dusun III, Desa Tugu Jaya, Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI.

Ketiganya dibekuk Timsus Lumba-Lumba Polsek Lubuk Batang saat hendak melarikan diri menyeberang meninggalkan Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung, Minggu (22/3), pukul 17.00 WIB.

Dari identitas ketiga tersangka diketahui mereka adalah bandit datangan atau lintas kabupaten. Dua beralamat asal Kabupaten OKU Timur dan satunya lagi beralamat asal Kabupaten OKI.

Tiga bandit lintas kabupaten ini terbilang cukup lincah dalam beraksi dan ditenggarai bukan saja melakukan kejahatan di wilayah OKU. Kelincahan mereka terbukti saat dikejar Timsus Lumba-Lumba Polsek Lubuk Batang, ternyata terdeteksi di wilayah Bakauheni Lampung.

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Lubuk Batang AKP Ujang Abdul Azis, menjelaskan, penangkapan ketiga tersangka atas laporan warga yang melaporkan kehilangan mobil truk di depan rumah di Desa Banuayu.

“Korban melapor pada 19 Maret 2020 ke Polsek Lubuk Batang karena kehilangan mobil truk saat di parkir depan rumah di Desa Banuayu,” katanya, Senin (23/3).

Dijelaskan Ia, pada saat malam kejadian truk korban diparkir depan rumah Edi Yanto di Desa Banuayu. Truk terpakir dalam keadaan terkunci stang . Dan saat itu Edi sudah tertidur kemudian pagi hari dibangunkan isterinnya yang memberitahu truk tersebut sudah tidak ada ditempatnya.

Oleh Edi dikabarilah perihal hilangnya truk kepada pemiliknya yang tinggal di Desa Merbau. Lalu pemilik truk langsung berinisiatif melaporkannya ke polisi untuk diselidiki.

“Tersangka pelakunya lebih dari satu orang. Setelah petugas kami melakukan penyelidikan didapatilah petunjuk mengarah kepada pelaku yang kita tangkap tersebut,” kata AKP Ujang.

Saat ini ketiga tersangka sudah diamankan di sel Polsek Lubuk Batang guna menjalani proses hukum lebih lanjut. Ketiganya akan dikenai pasal pencurian dengan pemberatan (curat)  sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (1) Ke-3, Ke-4 dan ke-5  KUHPidana.

Polisi juga mengamankan barang bukti satu unit truk Nopol BG 8979 FN, dua kunci kontak truk disita dari korban, dua HP milik tersangka, dan BB pendukung lainnya. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.