by

Tim 40 Bentukan Kapolres OKU Patroli Siang Malam “Sisir” Bandit Jalanan Sampai Lebaran

Beritatotal.com – Untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan tertib di masyarakat terutama menciptakan suasana khusuk bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo telah membentuk Tim 40 atau Satuan Tugas (Satgas) 40 Ramadhan .

Tim ini bisa dikerahkan setiap saat bahkan 24 jam selama bulan puasa. Dan telah dibentuk serta mobile sejak awal Ramadhan 1443 H lalu.

Pembentukan tim itu menimbang di bulan suci ini  masyarakat memiliki waktu  kerentanan atau rutin beraktivitas di jam-jam tertentu. Seperti berburu makanan untuk buka puasa (takjil), salat taraweh di masjid, selepas tarawih, waktu sahur dan setelah sahur atau selepas salat subuh.

Tim tersebut hadir di tengah-tengah masyarakat bukan hanya sekedar  berpatroli. Tapi juga siap siaga “menyapu” aksi bandit jalanan yang diprediksi bakal meningkat setiap  menjelang lebaran Idul Fitri.

“Bulan puasa ada waktu-waktu rentan terjadinya gangguang Kamtibmas (Kemananan dan ketertiban masyarakat). Seperti saat berburu takjil, salat taraweh dan selepasnya, waktu sahur sampai setelah salat subuh. Di waktu ini sering dijadikan oknum remaja untuk balapan liar dan pelaku kejahatan beraksi. Inilah yang kita antisipasi,” terang Kapolres AKBP Danu Agus Purnomo SIK saat ditemui di Polres OKU, Senin sore (18/4/2022).

“Makanya kami bentuk Tim 40 atau Satgas 40  ini untuk mengantisipasi dan juga memberikan tindakan langsung di lapangan,” imbuhnya.

Satgas  Ramadhan bentukan Kapolres tersebut beranggotakan 40 orang atau personel. Makanya  disebut Tim 40. Mereka diambil dari anggota fungsi Samapta dan fungsi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dan dibagi beberapa regu.

Seperti Regu 1 dari Satlantas  dipimpin Aiptu Andi Hendrianto dan dari Samaptanya dipimpin Ipda Vulton. Demikian regu lainnya ada yang mengomandoi dari Samapta dan dari Satlantas.

“Tim 40 juga didukung fungsi-fungsi lain. Ada fungsi penindakan baik dari Satreskrim, Intelkam maupun dari Narkoba. Jadi kita betul-betul mengecek lokasi atau wilayah yang sering dijadikan titik kumpul para  remaja untuk melakukan balapan liar, kemudian lokasi yang seharusnya tidak dilakukan di bulan puasa ini,” bebernya.

Kapolres meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga kesucian bulan Ramadhan. Dan bagi yang mengetahui atau melihat tindakan-tindakan yang tidak sepantasnya dilakukan di bulan puasa ini dipersilahkan melaporkan kepada pihaknya.

AKBP Danu juga mengingatkan para pelaku kejahatan untuk jangan coba-coba beraksi di wilayah hukum yang dipimpinnya ini. Karena Tim 40 bentukannya dibantu fungsi penindakan akan terus berpatroli siang malam sampai masuk ke perkampungan. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.