by

Tanpa Ampun, Tim 40 Kandangkan Ratusan Motor Bermasalah di OKU

Beritatotal.com – Tim 40 atau Satgas 40  Ramadhan 1443 H bentukan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIk tak pandang bulu  menindak semua pelanggaran di jalan maupun yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sejak dibentuk awal Ramadhan lalu, Tim 40 tanpa ampun berhasil menggaruk motor-motor bermasalah saat dikendarai pemiliknya di jalan  raya. Tak sedikit juga diangkut  anggota tim dari lokasi  atau arena balapan liar.

Tak tanggung-tanggung, dalam dua minggu ini Tim 40 “panen” motor  bermasalah dan “menggandangkannya” di Satlantas Polres OKU. Ratusan motor tersebut terlihat “membanjari” sebagian halaman samping dan depan Satlantas setempat.

Kapolres AKBP Danu saat ditemui di Mapolres OKU Senin sore (18/4/2022), menjelaskan, ratusan motor ini sebagian besar bermasalah karena menggunakan knalpot brong.

Selain itu ada juga motor yang tidak dilengkapi orderdil asli, dan pemiliknya tidak bisa menunjukkan surat menyurat  motor yang dibawa ketika terjaring operasi.

“Saat ini motor kita amankan di Satlantas Polres OKU dan tidak bisa diambil sampai satu bulan atau setelah lebaran. Khususnya motor dengan knalpot brong agar tidak bisa digunakan pemiliknya selama bulan puasa ini,” tegas AKBP Danu.

Nantinya, para pemilik yang sudah mengantongi surat tilang bisa mengambil motor bermasalah mereka setelah mengikuti sidang.

“Saat pengambilan nanti mereka juga akan dibuatkan perjanjian untuk melepas knalpot brongnya dan tidak menggunakannya lagi,” imbuh Kapolres.

Tindakan tegas dan tanpa ampun pihaknya  melalui Tim 40, sambung Kapolres, tidak lain karena Polres OKU ingin memberikan rasa aman, nyaman, dan tertib di masyarakat terutama menciptakan suasana khusuk bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H sampai lebaran Idul Fitri 1443 H.

Dengan  telah dikandangkannya lebih kurang  200 motor dalam dua pekan puasa ini, bila masih  ada masyarakat yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas, kemungkinan jumlah motor bermasalah akan terus bertambah “membanjiri” halaman Satlantas Polres setempat.

Terlihat bukan hanya motor yang kondisinya grempang alias tidak lengkap bodi kendaraannya. Motor dengan bodi yang masih mulus pun terlihat parkir juga disana. Bahkan beberapa diantaranya terlihat dibungkusi full oleh pemiliknya.

“Mungkin pemiliknya sayang dan takut motornya rusak terjemur panas dan  kena hujan. Jadi ada yang sampai diselimuti karena motor yang kita amankan ini tidak bisa diambil sampai satu bulan kedepan,” kata Ketua Regu 1  Tim 40 dari unsur Satlantas, Aiptu Andi Hendrianto di sela-sela mengecek ratusan motor yang “dikandangkan” pihaknya.  (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.