by

Tak Lagi Hormati Kesucian Bulan Ramadhan, Tim 40 Polres OKU Gerebek Warung Jual Miras

Beritatotal.com – Sejumlah oknum pedagang baik toko maupun  warung di Kota Baturaja tak hirau lagi  dengan datangnya  bulan suci Ramadhan 1443 H.

Di tengah umat muslim berlomba-lomba meningkatkan amalan ibadahnya di bulan ini, justru ada oknum pedagang yang “merajalela” menjual minuman keras.

Mereka menjual miras berbagai merek yang kadar alkoholnya di atas 5 persen secara sembunyi-sembunyi. Miras tersebut tidak dipajang tapi disimpan ditempat yang tidak terlihat.

Bila ada yang datang membeli, dan biasanya sudah menjadi langganan warung, maka pemilik warung akan memberikan miras pesanan pelanggannya dengan dibungkus kantong plastik hitam.Ada juga warung yang  masih terang-terangan menjual miras jenis tuak.

Guna menjaga kesucian Ramadhan, Tim 40 atau Satgas 40  Ramadhan 1443 H bentukan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK, rutin berpatroli mendatangi warung dan toko yang diduga kuat menjual miras.

Bahkan, Tim 40 dengan cepat merespon adanya pengaduan masyarakat jika jual beli miras di malam Ramadhan bisa dengan mudah ditemui di Kota Baturaja.

Hasilnya, ratusan botol miras berbagai  merek disita Tim 40 dari berbagai warung dan toko. Seperti dari kawasan simpang empat Sukajadi, di Air Paoh, dan beberapa lokasi lainnya.

Miras yang disita diantaranya jenis anggur merah, anggur putih, mension, dan lain-lain. Selanjutnya dibawa ke Mapolres OKU dan diamankan di ruang Satuan Narkoba.

“Tim 40 kita juga melihat lokasi-lokasi yang berpotensi menimbulkan penyakit masyarakat. Jadi kita juga mengecek tempat penjualan tuak atau Lapo Tuak. Ada beberapa Lapo Tuak yang masih buka saat puasa Ramadhan. Ini juga sama kita tertibkan,” jelas Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo saat ditemui di Mapolres, Senin sore (18/4/2022).

“Beberapa toko dan warung yang menjual miras sudah kita datangi dan kita sita miras yang mereka jual.

Penertiban dan penyitaan  miras yang dijual ini untuk menjaga kemurnian dan kekhusuka umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sampai akhir,” imbuhnya.

Disambung Kapolres lagi, Polres OKU senantiasa ingin memberikan rasa aman, nyaman, dan tertib di masyarakat. Terutama menciptakan suasana khusuk bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H sampai lebaran Idul Fitri 1443 H. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.