by

Sudah 1.296 Nakes dan Non Nakes Bangka Divaksin Covid-19, Sampai Saat Ini Tak Ada Temuan Efek Samping

Beritatotal.com – Pasca vaksinasi Sinovac Covid-19 perdana atau tahap awal di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tidak ada laporan ataupun temuan adanya kejadian efek samping negative dampak penyuntikan vaksin Sinovac.

Sebagaimana yang diketahui, Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, telah melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 di daerah ini pada 15 Januari 2021 lalu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat.

“Sampai saat ini belum ada penerima vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bangka mengalami kejadian efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang telah dilakukan oleh petugas kesehatan,” kata Juru Bicara Satgas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH, Senin (25/1/2021).

Vaksinasi yang telah dilakukan pihaknya diantaranya kepada kepala daerah, unsur Forkopimda, tenaga kesehatan (Nakes) dan non Nakes. Dan bagi mereka yang telah mendapat penyuntikan vaksin semuanya masih dalam keadaan baik-baik saja.

Jika nantinya ada penerima vaksin Covid-19 mengalami gejala efek samping yang berlebihan, Boy berharap mereka langsung mendatangi rumah sakit terdekat agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Kalau memang seandainya akan terjadi hal-hal seperti itu, maka dari pemerintah akan menanggung semua biayanya. Tapi kita berharap mudah mudahan tidak terjadi yang tidak diinginkan, karena sebelum dilakukan vaksin petugas medis harus melakukan langkah-langkah pemeriksaan awal,” jelasnya.

Ditegaskannya jika pemberian vaksinasi Covid-19 ini diinstruksikan pemerintah dengan tujuan masyarakat mendapatkan dan meningkatkan kekebalan bagi individu dan kelompok dari virus corona.

Selain itu diharapkan menekan dan menurunkan angka penularan dan kematian akibat paparan wabah, serta guna mendukung produktifitas ekonomi dan sosial.

Langkah yang diambil pemerintah dalam pemberian vaksin saat ini sudah sangat tepat. Karena untuk pertama diprioritaskan kepada kepala daerah atau pejabat publik dan tenaga kesehatan.

Sampai sekarang menurut Boy Kabupaten Bangka telah melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap nakes dan non nakes sebanyak 1.296 atau sebesar 72.8 persen.

“Saya berharap agar para calon penerima vaksin Covid-19 tidak ada keraguan-raguan lagi. Semua sudah melalui tahapan yang berlaku. Mudah mudahan wabah ini cepat berlalu dan bisa beraktivitas seperti semula. Dan jangan lengah, tetap laksanakan protokol kesehatan covid-19,” pungkasnya. (san)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.