by

Sopir Angkot : Bagus Nian Apo yang dilakukan Pak Wali Ini

Beritatotal.com – Kampanye hidup bersih dengan menjaga kebersihan tidak membuang sampah di sembarang tempat digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Bahkan, kampanye ini dimotori langsung Wali Kota Harnojo dengan turun ke lapangan, Jumat (24/3).

Salah satunya membagikan kotak sampah ke pengemudi angkutan kota (Angkot), serta menempelkan striker kampanye mengajak warganya menggalakkan kebersihan di semua tempat. Aksi tersebut dilakukan Harnojoyo di tengah keramaian kota. Sontak warga dan sopir angkota yang disambangi Wali Kota cukup kaget karena tak mengira bakal bertemu pemimpinnya di kota ini.

Mengenakan baju koko hijau dan berpeci hitam, Harnojoyo mulai menyisiri jalan Slamet Riyadi. Dia didampingi beberapa pejabat lain dan stafnya sengaja memilih jalan ini yang menjadi rute atau jurusan angkot Sayangan – Lemabang.

Sebuah angkot yang melalui jalan depan Kantor Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) disetop Wali Kota Harno. Setelah angkot tersebut berhenti, Harnojoyo meminta izin kepada sopir angkot untuk menempelkan stiker di pintu-pintu angkot tersebut. Stikernya bertuliskan kalimat “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”.

Tidak hanya itu, Harnojoyo juga membagikan kotak sampah kepada para sopir angkot untuk ditempatkan di dalam angkot. Pembagian kotak sampah untuk sopir angkot dimaksudkan dia agar dalam angkot selalu tersedia kotak sampah. Agar penumpang tidak membuang sampah sembarangan ketika sedang bepergian menggunakan angkot.

Harnojoyo mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya sekaligus kampanye Pemerintah Kota Palembang mengajak masyarakat menjaga kebersihan khususnya kepada para pengguna angkutan umum.

“Selama ini banyak penumpang angkutan umum yang sering membuang sampah sembarangan bahkan membuangnya di jalan. Dengan ditempelkannya stiker ini dan disediakannya kotak sampah dalam angkot diharapkan para penumpang maupun sopir tidak lagi buang sampah sembarangan apalagi membuangnya di jalanan,” ungkap Harnojoyo.

Aksi Walikota ini mendapat tanggapan positif dari sopir angkot maupun penumpang. Salah satunya diungkapkan Yadi (37), sopir angkot jurusan Sayangan. Menurut Yadi, aksi Walikota ini sangat positif,  bisa memberikan penyadaran masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan.

“Bagus nian apo yang dilakukan Pak Wali ini. Selamo ini memang sering penumpang buang sampah sembarangan di jalan atau dalam angkot kami. Dengan aksi ini jalanan biso bersih dan angkot kami jugo jadi bersih,  terimakasih Pak Walikota kami sopir angkot siap mendukung program kebersihan Walikota,” ujar Yadi. (zuh)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.