by

Sodingun : Gerbang Tani Jangan Jadi Organisasi Temporer

Beritatotal.com – Melirik kilas baliknya sebagai petani, Sodingun SH anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dari fraksi PDI-Perjuangan, tahu betul apa yang menjadi kendala dan hambatan para petani khususnya di Muba.

Sodingun merupakan salah seorang Penasehat Gerakan Kebangkitan Petani Indonesia (Gerbang Tani) Kabupaten Muba. Dirinya menilai banyak sekali program pemerintah baik pusat maupun daerah yang sangat membantu peningkatan pendapatan bagi petani.

Karenanya menurut politisi satu ini, kehadiran Gerbang Tani di Muba sangat diharapkan dengan programnya ke depan. “Gerbang Tani harus mendapat dukungan terutama dari DPRD sehingga masuk dakam anggaran dan bersinergi dengan stackholder  terkait. Sekarang tinggal menyusun rencana program Gerbang Tani,” harap Sodingun.

Sodingun tak menampik hingga kini banyak kendala dari petani yang belum bisa diatasi. Salah satu yang paling urgen kata dia rata-rata petani tidak punya modal untuk meningkatkan hasil produksinya.

“Untuk itu perlu dukungan dan hal ini sudah dibicarakan dengan rekan anggota DPRD Muba komisi 2”, katanya.

Melihat komoditi petani di Muba sendiri, dia optimis karena Gerbang Tani merupakan organisasi yang dapat menjadi jembatan pemerintah dan petani.  Bukan hanya sebagai simbol atau organisasi temporer semata.

“Kita berusaha berbuat dan harus jadi kenyataan. Bagaimana kita merancang program untuk itu. Contoh nyata terlihat dari petani kelapa sawit. Karena keterbatasan pabrik yang membuat harga sawit anjlok. Nah, Gerbang tani sendiri yang harus mencari solusi” tutur Sodingun.

Banyak pabrik membuat harga bersaing dan menguntungkan para petani. Bagaimana supaya pabrik singkong, pabrik pengolahan sawit, dan getah karet yang ada di Muba bisa menguntungkan petani. Tidak menutup kemungkinan harganya dapat dimainkan oknum pebisnis.

“Keterlibatan instansi terkait juga diperlukan. Bagaimana cara bertani yang baik, meningkatkan produk pertanian dan sebagainya. Dan sesuai harapan petani dengan munculnya Gerbang Tani dapat menjadi motor penggerak dan memberi akses,” tutupnya. (mak)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.