by

Sinergi Lakukan Perbaikan Objek Wisata

objek wisata alam gua putri.

BeritaTotal.com – Asian Games 2018 disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Komering Ulu (OKU), di bawah kepemimpinan Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis dan Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM.

Banyak hal dapat dimanfaatkan melalui pergelaran Asian Games di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah. Satu diantaranya, untuk mempromosikan objek wisata alam yang ada di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang saat ini.

Tiga objek wisata alam dan bersejarah diandalkan oleh Pemerintah OKU, melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud), Kab OKU untuk menyambut tamu Asian Games. Antara lain, Gua Harimau dan Gua Putri yang terletak di Kecamatan semidang aji yang  jaraknya sekitar 40 menit dari pusat Kota Baturaja. Selain itu objek wisata alam Rantau Kumpai di Kecamatan sosoybuyrayab serta Objek wisata Air Panas Gemuhak yang terletak di Kecamatan Ulu Ogan.

Untuk Gua Harimau dan Gua Putri ini dari Baturaja dibutuhkan waktu lebih kurang 45 menit. Baik mengenadarai sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Di gua harimau terdapat beberapa kerangka manusia prasejarah. Bahkan jumlahnya mencapai puluhan.

Gua Harimau  merupakan situs gua prasejarah di Sumatera yang memiliki tinggalan arkeologis cukup lengkap mulai dari 22.000-2000 tahun yang lalu. Situs gua prasejarah dengan temuan kubur yang sangat banyak (lebih dari 81 individu) dengan sistem dan posisi penguburan yang sangat bervariasi yang berasal dari budaya neolitik yang berlanjut hingga paleometalik. Juga ditemukannya bukti awal ras Australomelanesid yang hidup berdampingan dengan ras Monggoloid (dapat menjadi cermin keberagaman dan toleransi). Tempat pertama kali gambar cadas ditemukan di Sumatera (2009).

“Gua Harimau dan Gua Putri ini juga pernah di promosikan dan dipaparkan ke Jerman beberapa waktu lalu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Kab OKU, Paisol Ibrahim kepada wartawan.

Ia menambahkan, bukan hanya gua harimau. Bahkan beberapa objek wisata lain di OKU juga memiliki nilai sejarah. Misalnya Gua Putri. Selain itu ada juga objek wisata yang menyajikan keindahan alam. Misalnya seperti Air Panas Gemuhak, Air Terjun Kambas dan beberapa objek wisata lainya.

Ia menambahkan, pastinya untuk menyambut objek wisata pihaknya terus melakukan pembenahan di lokasi objek wisata. Besinergi dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) pihaknya pemerintah OKU akan membangun perbaikan talud dan rehab jalan setapak di kawasan gua putri.

“Untuk di rantau kumpai sendiri akan dilakukan pembangunan revitalisasi tempat ibadah, pembuatan broadwalk, pembangunan gapura dan pembuatan tempat parkir. Kita bersinergi untuk melakukan pembenahan objek wisata untuk menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.(bar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.