by

Senyum Sumringah Petani Saat Panen 14 Ton Bawang Merah di Kampung Tangkal Covid Ditemani Langsung Kapolres OKU

Para petani tampak sumringah ditemani langsung Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga memanen bawang merah di Kampung Tangkal Covid Polres OKU Desa Tungku Jaya, Rabu (9/9)

Beritatotal.com – Ungkapan syukur dan penuh senyum sumringah tampak menghias wajah para petani bawang merah di lahan Kampung Tangkal Covid Polres OKU Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Jerih payah mereka yang dirintis di lahan seluas hampir 4 hektar disini saat mulai menanam bawang merah dan menebar benih ikan, sekitar tiga bulan lalu kini sudah panen.

Bahagianya kelompok tani Kampung Tangkal Covid Polres OKU Desa Tungku Jaya, lantaran saat panen dihadiri dan diikuti langsung Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH bersama sejumlah perwira Polres lainnya.

“Kami sangat bersyukur. Karena perhatian Pak Kapolsek dan Pak Kapolres sekarang kami bisa  berhasil menanam bawang merah. Dari sejak penanaman dan sampai sekarang panen Pak Kapolres selalu hadir. Disinilah membuat saya dan kawan-kawan makin terpacu,” kata Tejo Winarno, perwakilan petani Kampung Tangkal Covid Polres OKU Desa Tungku Jaya, disela-sela panen bersama, Rabu (9/9).

Menurut dia, lahan yang mereka tanami bawang merah tersebut tak lepas dari arahan dan bimbingan Kapolsek Sosoh dan Kapolresnya.

Terlebih penanaman bawang merah tersebut dilakukan sebagai upaya mengatasi perekonomian mereka di masa pandemi covid-19.

Kapolres dan jajarannya pun tampak bersemangat mengitari luasnya lahan bawah merah yang dipanen hari ini. Padahal cuaca dan sinar matahari saat panen berlangsung sangat menyengat kulit.

Bukan hanya turut memanen bawang merah, Kapolres pun kemudian duduk lesehan bersama petani yang bertugas melepas bawang dari daunnya.

Perwira dengan pangkat melati dua di pundaknya tersebut pun ikut melepaskan umbi bawang untuk dipisahkan supaya bisa segera dijual.

“Ini merupakan program Pak Kapolda Sumsel yang membuat Kampung Tangkal Covid dengan tujuan membantu petani di masa pandemi. Kita ada beberapa Kampung Tangkal Covid dan setiap tempat kita sesuaikan apa yang cocok dibudidayakan atau dipelihara,” terang Kapolres sambil memisahkan umbi bawang sambil lesehan dengan petani.

Panen bawang merah yang dihadirinya tersebut guna melihat langsung keberhasilan di lapangan. Alhamdulillah, menurut Kapolres, apa yang dilakukan Polri dalam hal ini Polres OKU di Kampung Tangkal Covid disini hasilnya sangat menggembirakan.

“Buktinya kita hari ini bisa memanen bawang merah lebih kurang 14 ton. Kalau dilihat dari sisi ekonomi tentu saja rekan-rekan petani disini sangat terbantu. Harapannya program ini akan terus berjalan dan beberapa minggu lagi akan mulai tanam baru disini,” imbuh AKBP Arif.

Selain turut serta memanen bawang merah, Kapolres dan rombongan juga berkesempatan memberi pakan ikan di kolam yang ada disekitar sini.

Soal budidaya ikan tersebut, Kapolres juga menyinggung jika Pemkab OKU melalui Dinas Peternakan dan Perikanan telah membantu bibit ikan nila dan baung.

“Di Kampung Tangkal Covid Lekis kita dibantu Pemkab OKU melalui Dinas Peternakan dan Perikanan sebanyak 3000 bibit ikan baung dan kemudian kemarin menyusul 1500 bibit ikan nila. Mudah-mudahan nanti di kolam disini juga bisa mendapat bantuan yang sama,” katanya seraya berterimakasih kepada Pemkab OKU. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.