by

Sehari Operasi Sikat Musi, Bandit Baturaja “Tekepor” Dihantam Pelor

Beritatotal.com – Kerja keras aparat Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polre OKU pimpinan AKP Harmianto SH MSi dalam sepekan ini patut diacungi jempol. Hanya dalam waktu 5 hari saja, tiga kasus kejahatan meresahkan berhasil mereka ungkap.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, tiga pelaku kejahatan jalanan digelandang ke sel Mapolres OKU. Dua pelaku pembobol mini market dan seorang bandit spesialis pecah kaca mobil yang terseok dihantam pelor panas petugas.

Masih belum kering darah bandit pecah kaca bernama Edi Susanto akibat ditembus peluru, dalam penangkapan dramatis, Tim Buser pimpinan Aiptu Omi kembali membuat bandit spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor) bertekuk lutut. Sebutir timah panas melesat dari senjata api petugas, menembus kaki kanan sang bandit hingga “tekepor”.

Pelaku diketahui bernama Oganda Syahputra alias Putra (23), warga Jl Prof Ir Sutami, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Baturaja Timur. Dia ditangkap di seputaran Taman Kota Baturaja, Sabtu sore (1/4), atau dua hari setelah diringkusnya Edi bandit pecah kaca.

Hebatnya lagi, penangkapan Ogan adalah prestasi Reskrim OKU bertepatan hari pertama digelarnya Operasi Sikat Musi 2017 yang dicanangkan se Polda Sumsel. Operasi ini akan berakhir 22 April 2017 mendatang. Bertujuan menekan angka kriminalitas dengan sasaran utama pelaku 3C (Curat, Curas, dan Curanmor).

“Hari pertama Operasi Sikat Musi 2017, Tim Buser kita berhasil meringkus pelaku curanmor. Tersangka terpaksa kita lumpuhkan karena saat akan ditangkap berupaya melarikan diri. Kita sudah memberi tiga kali tembakan peringatan tapi tak digubris tersangka. Akhirnya kita lakukan tindakan tegas terukur,” jelas Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari melalui Kasat Reskrim AKP Harmianto, usai memimpin penangkapan.

Dijelaskan AKP Harmianto, penangkapan tersangka Ogan berdasarkan penyelidikan atas laporan polisi (LP) korban curanmor. LP dimaksud bernomor LP/B/25/III/2017/ SPK.OKU, 17 Maret 2017. Dengan pelapornya M Soleh (29), warga yang sama dengan pelaku.

Soleh melapor telah kehilangan motor Jumat sore (17/3), pukul 18/30 WIB. Saat itu, menurut Harmianto,  pelaku mengambil satu unit sepeda motor korban jenis bebek Nopol BG 2654  FX yang sedang di parkir di pinggir jalan. Pelaku beraksi dengan cara merusak kunci kontak motor korban. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 9.000.000.

“Dari hasil penyelidikan pelakunya dua orang. Seorang atas nama Ogan berhasil kita tangkap dan rekannya masih buron. Tapi identitas rekan korban sudah kita kantongi dan masih dalam pengejaran anggota Buser,” ujarnya.

Saat menangkap pelaku yang harus dilarikan ke RSUD Ibnu Sutowo untuk mengobati luka tembaknya, pihaknya juga mengamankan barang bukti (BB) motor milik korban yang dicuri pelaku tadi. Dari rumah sakit, pelaku dan BB motor curian tersebut kemudian dibawa ke Mapolres OKU guna kepentingan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. (diJee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.