by

Rp 1,5 M Dana Bantuan Parpol di Muba Siap Digelontorkan

Beritatotal.com – Partai politik (Parpol) yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), pada tahun ini bakal mendapat gelontoran dana segar dari pemerintah setempat.

Setiap parpol yang sudah memenuhi persyaratan berhak menerimanya yang sudah dianggarkan totalnya sebesar Rp 1,5 Milyar.

“Bantuan dana parpol ini akan disalurkan kepada partai politik yang memiliki kursi di DPRD Muba, Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 7 Tahun 2014,” terang  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muba Soleh Naim, Senin (31/7).

Dana parpol tersebut kata dia diperuntukkan kegiatan dan operasional partai. Diantaranya yang utama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia kader-kader partai.

Apa syaratnya? Soleh Naim menyebutkan, salah satu syarat parpol bisa menerima bantuan dana ini, parpol tersebut harus sudah clear menyelesaikan administrasi yang direkomendasikan  Badan Pemeriksan Keuangan (BPK).

Jadi, sebelum dicairkan dana tersebut parpol harus menyelesaikan dulu pertanggung jawaban penggunaan dana parpol pada tahun sebelumnya. Mekanisme pencairannya pengurus partai terlebih dulu memasukkan proposal permohonan disertai lampiran dan SK Pengurus yang masih berlaku dan disahkan Kemenkumham.

Lalu, proposal permohonan pencairan dana itu nantinya akan diverifikasi KPU, Inspektorat, Kesbangpol dan pejabat berkompeten di Badan Pengelola Keuangan Daerah.

“Kemudian hasil permohonan itu dilanjutkan ke tim verifikasi, untuk anggarannya 5000 rupiah dikali total suara yang diperoleh anggota DPRD,” tambahnya.

Ia menyebut saat ini pihaknya telah mulai melakukan kordinasi  dan verifikasi kepada sejumlah parpol yang memiliki suara di DPRD. Dari hasil tersebut masih ada beberapa parpol yang belum menyelesaikan administarsi pertanggungjawaban.

“Setelah pencairan   dana itu dapat digunakan oleh partai sesuai aturan dan petunjuk penggunaan anggaran yang berlaku 60:40. Dimana penggunan 60 persen digunakan untuk kegiatan pembinaan politik bagi kader partai maupun masyarakat dan 40 persen untuk kebutuhan kantor seperti ATK dan lainya,” imbuhnya. (aly)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.