by

Polsek Semidang Aji Razia Tangki Modifikasi untuk Timbun BBM Subsidi dari SPBU

Beritatotal.com – Antisipasi ulah nakal oknum sopir, oknum masyarakat, atau oknum perusahaan membeli bahan bakar  minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), aparat Polsek Semidang Aji Polres OKU merazia kendaraan roda empat atau lebih yang sedang mengizi solar di  SPBU Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji.

Razia dipimpin langsung Kapolsek Semidang  Aji Iptu Wahyudin SH MSi melibatkan fungsi Unit Reskrim dan Intelkam  serta mengajak juga aparat Koramil 403-01 Kodim 0403 OKU, Kamis (07/04/2022), mulai pukul 09.30 WIB.

Iptu Wahyudin terlihat bersama anggotanya dan Babinsa meneliti satu per satu setiap mobil atau kendaraan bermotor roda empat ke atas, ketika membeli BBM jenis solar.

Polisi benar-benar ingin memastikan jika mobil yang dirazia hanya memiliki tangki BBM standar pabrikan atau bawaan mobil. Tidak ada tangki modifikasi yang dibuat pemilik mobil bertujuan membeli solar dengan jumlah yang banyak untuk ditimbun.

Maklum, saat ini di Sumsel ada beberapa tempat yang sering mengalami  kelangkaan solar. Hal tersebut diduga ada permainan atau ulah nakal oknum masyarakat membeli solar dengan cara yang tidak normal. Kemudian ditimbun dan dijual kepada perusahaan-perusahaan dengan harga lebih tinggi.

“Pengecekan dan pemantauan ini (razia, red) sebagai tindak lanjut arahan Bapak Kapolda Sumsel dan Bapak Kapolres OKU terkait  kelangkaan  BBM subsidi jenis solar di SPBU  yang ada di beberapa wilayah  di Sumsel. Kami benar-benar ingin memastikan bahwa di SPBU Pengaringan ini tidak ada permainan oknum dalam jual beli BBM Subsidi,” kata Kapolres OKU AKBP  Danu Agus Purnomo melalui Kapolsek  Semidang Aji Iptu Wahyudin, usai razia.

“Kami juga ingin memastikan bahwa  ketersediaan BBM  bersubsidi jenis solar dan non sub sini di SPBU Pengaringan dalam kondisi aman tidak terjadi kekosongan yang bisa menyebabkan antrian lama dan panjang. Sebab SPBU ini  berada di jalur lintas Sumatera yang banyak dilewati truk, fuso, bus penumpang dan kendaraan minibus lainnya dari pulau Jawa ke Sumatera atau sebaliknya,” imbuh Kapolsek.

Dari razia pihaknya kali ini tidak ditemukan mobil  yang memiliki tangki BBM modifikasi. Iptu Wahyudin berharap masyarakat  tidak  memanfaatkan kondisi saat ini sebagai kesempatan untuk  melakukan  tindakan melawan hukum, dengan cara melakukan praktik jual beli BBM  subsidi yang illegal.

Seperti melakukan penimbunan solar dan menggunakan tangki modifikasi saat beli solar untuk selanjutnya dijual ke luar Kabupaten OKU atau kepada perusahaan-perusahaan dengan harga yang jauh lebih tinggi.

“Bagi masyarakat yang mengetahui praktek-praktek pembelian BBM subsidi dengan tangki modifikasi atau melakukan penimbunan di wilayah kami, silahkan lapor ke Polsek Semidang Aji. Pasti akan kami tindak tegas. Kami  juga tidak tinggal diam dan akan terus memonitor perkembangan situasi sesuai perintah Bapak Kapolda Sumsel dan Bapak Kapolres OKU,” tegas Iptu Wahyudin.

“Jadi kami peringatkan jangan  coba-coba menimbun solar atau membelinya dengan tangki modifikasi di wilayah hukum Polsek Semidang Aji,” tandas perwira polisi dengan balok kuning dua di pundaknya ini.

Menurut dia, jika ada oknum masyarakat yang nakal memanfaatkan kesempatan dalam jual beli solar untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi, tentu saja berdampak pada ketersediaan di SPBU. Bila SPBU cepat habis dampak “permainan” tersebut maka akan menimbulkan kelangkaan dan tentu saja antirian panjang serta kemacetan.

“Jadi di bulan  puasa Ramadhan ini dan sampai lebaran nanti kami aparat Polsek Semidang Aji akan terus stan by monitoring  distribusi  BBM ke SPBU dan aktivitas jual belinya sehingga situasi benar-benar aman terkendali dan kondusif,” pungkas Kapolsek. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.