by

Polsek Lubuk Batang Gagalkan Aksi Komplotan Pencurian Kelapa Sawit

Buah kelapa sawit yang berhasil diamankan dari aksi komplotan pencuri di perkebunan PT Minanga Ogan, Minggu (04-10-2020)

Beritatotal.com – Lagi-lagi komplotan pencuri buah kelapa sawit beraksi di perkebunan PT Mitra Ogan Kecamatan Lubuk Batang.

Tapi aksi kawanan pencuri kali ini berhasil digagalkan aparat Polsek Lubuk Batang pimpinan Iptu Harianto.

Seorang pelaku bertindak sopir truk yang digunakan untuk mengangkut buah kelapa sawit diciduk dan digelandang ke Mapolsek Lubuk Batang.

Sayangnya pelaku lain berhasil kabur dari kejaran petugas tapi polisi sudah mengantongi  identitas mereka.

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH, melalui Kasubbag Humas AKP Mardi Nursal didampingi Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto, menjelaskan, komplotan pencuri beraksi Minggu (04-10-2020), dinihari sekitar pukul 03.00 WIB.

Sejumlah pelaku iduga menggasak buah sawit yang berlokasi di afdeling III BLOK A12 Soge, Desa Lubuk Batang Kecamatan Lubuk Batang OKU.

“Kejadiannya Minggu dinihari dan sempat diketahui petugas patrol perusahaan lalu dilaporkan ke Polsek Lubuk Batang,” kata AKP Mardi Nursal.

Menerima laporan tersebut petugas Polsek setempat langsung melakukan pengejaran ke tempat kejadian perkara (TKP).

“Sopir truk ditangkap dan pelaku lainnya berhasil melarikan diri,” imbuhnya.

Ditambahkan Kapolsek Lubuk Batang Iptu Harianto, pihaknya tengah memburu para pelaku yang diduga masih merupakan warga lokal di Kabupaten OKU.

Menurutnya, kawanan pencuri terlihat petugas patroli perusahaan sedang melansir/ mengepok buah sawit. Diperkirakan ada sebanyak 5 (lima) orang di TKP yang bersebelahan dengan kebun karet warga.

Melihat hal tersebut petugas melaporkannya ke Polsek Lubuk Batang yang langsung menuju ke TKP. Didapati lima orang pelaku sedang menaikkan buah sawit ke atas mobil truck.

“Saat akan dilakukan penangkapan para pelaku melarikan diri. Didapati satu orang pelaku sebagai pengemudi mobil truk,” jelas Iptu Harianto.

Setelah melakukan pengecekan ulang di sekeliling TKP, ditemukan 3 unit sepeda motor. Sepeda motor itu diduga milik pelaku yang sudah melarikan diri.

Sementara sopir truk yang diamankan Rizky Hermanda (31), warga Desa Karangan Kecamatan Rambang Kapak Tengah Prabumulih. Barang bukti yang diamankan 1 unit mobil truck dan buah sawit seberat sekira 3.890 kg.

Serta tiga unit motor, 1 unit sepeda motor merk Suzuki Shogun 125, warna hitam silver, tanpa plat nomor polisi. Satu unit sepeda motor merk Honda Vario 150, warna silver nopol BG 2744 FAJ. Serta 1 unit sepeda motor merk Honda Vario, warna merah, nopol BG 5283 FAJ.

Tersangka Rizky kepada polisi mengaku hanya kenal dengan salah satu pelaku.

“Ini mengangkut yang kedua kali pak,” kata Rizky. Dalam pengakuan sementara, menurut pelaku dia dibayar Rp 200/kg. Dalam aksi pertama, pelaku membawa sebanyak 2 ton. Pertama dilakukan pada September 2020 juga di sekitar lokasi tersebut. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.