by

Persiapan Turun Kejurnas Serta Ujian DAN, Karateka KKI se OKU Raya Ikuti Ghosuku

Beritatotal.com – Lebih kurang 200 atlet karate atau karateka dari perguruan Kushin Ryu M-Karatedo Indonesia (KKI) yang berasal dari tiga kabupaten, OKU, OKU Timur / dan OKU Selatan, mengikuti ghosuku pelatih dan asisten pelatih.

Ghosuku yang digelar di halaman belakang Mapolres OKU tersebut dipantau langsung Pengurus Provinsi (Pengprov) KKI Sumsel, sekaligus ikut memberikan materi latihan bagi karateka, Minggu (20/3/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan Pengurus Cabang (Pengcab) KKI OKU guna mempersiapkan karateka mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) karate, serta ujian kenaikan tingkat DAN karate bagi pelatih dan asisten pelatih.

Direncanakan dua agenda yang akan digelar Pengprov KKI Sumsel tersebut akan dihelat di Kota Palembang pada Juni 2022 mendatang.

Pantauan di lokasi, selama mengikuti pelatihan yang dilaksanakan satu hari penuh tersebut, karateka, pelatih dan asisten pelatih  dibimbing oleh beberapa mantan atlet karate nasional maupun internasional. Adapun materinya berupa kata, jujitsu serta kumite.

“Harapan kami selaku Pengprov KKI Sumsel program Ghosuku yang digelar oleh Pengcab KKI OKU menular kepada Pengcab-Pengcab yang lain. Karena dengan program inilah bisa menambah  materi pelatihan, bisa menyatukan persamaan persepsi baik gerak maupun kata. Bisa juga mempererat tali silaturahmi,” kata Ketua Harian Pengprov KKI Sumsel AKP Adi Sapril HS SH MH, disela-sela meninjau ghosuku.

Dalam pelatihan pelatih dan  asisten pelatih kali ini, menurut Adi Sapril, akan diberdayakan mantan-mantan atlet baik nasional maupun internasional yang pernah dibesarkan KKI.

“Pengalaman-pengalaman mereka (mantan atlet, red) bisa mereka sampaikan kepada atlet yunior. Baik soal teknik pertandingan maupun masalah teknis di luar dan di dalam pertandingan berdasarkan pengalaman masing-masing,” imbuh pria yang kini menjabat Kasat Intelkam Polres PALI tersebut.

Diharapkan dengan  latihan bersama tersebut para karateka bisa meningkatkan kemampuan yang bisa diserap dari mantan atlet yang merupakan senior mereka yang sudah berpengalaman mengikuti berbagai kejuaraan. Mulai kejuaraan tingkat daerah hingga kejuaraan internasional.

Sementara  itu, Ketua Majelis Sabuk Hitam KKI OKU  Raya, Asri Zulkoni, menerangkan, pelatihan pelatih dan asisten pelatih diikuti pemegang sabuk cokelat ke atas. Sedangkan untuk sabuk biru ke bawah, mereka diajak untuk berlatih bersama dengan materi sebagaimana latihan setiap pekannnya.

“Sengaja kita kumpuli semua atlet, pelatih, asisten pelatih yang memegang sabuk coklat ke atas untuk ikut pelatihan yang nantinya mereka akan ikut ujian DAN karate di Palembang bulan Juni 2022 mendatang,” kata Asri.

Ddikesempatan itu juga Pengprov KKI Sumsel membagikan sertifikat kenaikan tingkat sabuk yang telah mereka ikuti ujiannya pada bulan Desember 2021 lalu. Sertifikat kenaikan tingkat itu diberikan langsung Ketua Harian Pengprov KKI Sumsel AKP Adi Sapril. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.