by

Pernah Rusuh Besar Terkait Hasil Pilkades, 4 Calon Kades Negeri Sindang Ditetapkan, Fikri Yadi Maju Lagi

Kapolsek Sosoh Buay Rayap Iptu Masdar tengah memasukkan nomor urut ke dalam sebuah bola untuk diambil masing-masing calon kades Desa Negri Sindang

Beritatotal.com – Kapolsek Sosoh Buay Rayap Iptu Masdar mengimbau warga Desa Negri Sindang untuk tetap menjaga persaudaraan dan persatuan.

Imbauan tersebut disampaikan Kapolsek saat menghadiri Rapat Pleno Penetapan Calon Kepala Desa (Kades) dan Pengundian Nomor Urut Calon Kades di Sekretariat Panitia Pilkades Desa Negri Sindang Kec. Sosoh Buay Rayap, Minggu (16/2).

Dimana Desa Negeri Sindang termasuk salah satu desa yang menyelenggarakan pemilihan kades (pilkades) langsung serentak Tahun 2020, yang dijadwalkan pada 5 Maret mendatang.

Desa ini pada pilkades enam tahun silam sempat panas sampai berujung kerusuhan di Kantor Camat Sosoh Buay Rayap. Dikarenakan pendukung salah satu calon yang kalah tidak menerima hasil pilkades saat itu. Mereka menilai terjadi banyak kecurangan penyelenggaraannya.

Beruntung kerusuhan tidak meluas dan berlarut-larut karena polisi berhasil mengendalikan massa yang anarkis. Dimana Kapolres OKU saat itu AKBP Mulyadi SIK MH sampai turun tangan mengamankan suasana.

“Saya minta agar masyarakat Sosoh Buay Rayap dan khususnya warga Desa Negeri Sindang yang akan menggelar Pilkades agar menghindari kebiasaan yang tidak baik. Seperti membawa sajam yang tidak pada tempatnya serta peruntukannya,”  demikian imbau Iptu Masdar.

Dikatakan lagi, perhelatan Pilkades di desa ini harus didukung semua pihak agar berjalan sukses dan lancar. Iptu Masdar menekankan proses Pilkades harus sukses sejak dari persiapan, pelaksanaan hingga pelantikan nanti.

“Mari kita jadikan ajan Pilkades untuk mempererat tali persaudaraan, silaturahmi dan persatuan untuk bersama-sama membangun Desa Negri Sindang,” ajaknya.

Sementara itu, di Desa Negri Sindang ada empat calon kades yang akan bertarung memimpin desa selama enam tahun ke depan. Setelah resmi ditetapkan sebagai calon kades oleh panitia pemilihan, kemudian dilakukan pengundian nomor urut.

Proses penetapan calon kades dan pengundian nomor urut berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Pengundian nomor urut dilakukan dengan cara kertas yang dicetak dengan angka nomor 1 sampai 4 dimasukkan ke dalam sebuah bola. Lalu bola tersebut dimasukkan ke dalam kardus dan masing-masing calon mengambilnya.

Hasilnya, berturut-turut Cakades Fuadi mendapat Nomor Urut 1, Cakades Apriyanto Nomor Urut 2, Cakades Fikri Yadi mendapat Nomor Urut 3, dan terakhir Cakades Eko Agus Manto mendapat Nomor Urut 4.

Kegiatan Rapat Pleno Penetapan Calon Kepala Desa dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Serentak Tahun 2020 lebih kurang dihadiri 25 orang. Selain Kapolsek Iptu Masdar, juga ada Camat Sosoh Buay Rayap, Danramil Kota Baturaja  diwakili Babinsa Negeri Sindang, dan Pjs Kades Negri Sindang. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.