by

Peringatan Hari Buruh di Pangkalpinang, Ada Apa Setelah Lebaran ?

Beritatotal.com – Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil menghadiri dialog memperingati May Day (Hari Buruh), 1 Mei 2021, yang diselenggarakan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, di Hotel Grand Vella Jl. Soekarno Hatta.

Tampak pula hadir di tempat yang sama Kapolres Pangkalpinang, AKBP Tris Lesmana Zeviansyah, Kepala APINDO Babel, Nasution, Kepala BPJS, dan perwakilan seluruh serikat pekerja se Babel.

Acara tersebut bertema “Dengan May Day Kita Jadikan Buruh Bangka Belitung Tersenyum Serta Mengedepankan Solidaritas dan Tetap kKritis”.

Ketua DPD SPSI (Serikat Pekerjaan Seluruh Indonesia) Provinsi Babel Darusman Aswan mengatakan, tahun ini para buruh tidak turun ke jalan tapi diganti dengan dialogis tentang hubungan industrial pancasila bersama Kadisnaker Provinsi Bangka Belitung, Ari Patriadi.

Darusman juga mengatakan Walikota Pangkalpinang sangat memberikan perhatian untuk SPSI.

“Dua tahun lalu kita laksanakan di rumah dinas walikota, kita tidak orasi turun ke jalan dikarenakan pandemi tapi tidak mengurangi semangat kami untuk tetap kritis dan pemerintah adalah mitra kami,” ucap Darusman.

Darusman juga melakukan orasi untuk mengingat sejarah buruh itu sendiri. Isinya May day punya sejarah panjang sehingga mulai 2015 May Day menjadi libur resmi umum dan untuk menyemangati akan diberikan orasi.

“May day bukan euphoria tetapi perjuangan kehidupan buruh itu sendiri,” ucap Darusman.

Darusman juga berpesan kepada penerus bangsa jangan bercita-cita jadi buruh, jadi PNS tapi bercita-citalah jadi pengusaha agar bisa membantu negara ini dalam pembangunan.

Sementara itu, Walikota Pangkalpinang, Maulana Aklil, mengatakan, Pemkot pangkalpinang sudah bekerja optimal tapi masih ada yang belum maksimal untuk SPSI ini.

Kendati demikian, dia mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat khususnya di Kota Pangkalpinang dengan menyiapkan iklim investasi yang kondusif.

Walikota sangat memuji sosok Ketua SPSI Darusman Aswan yang berkerja ikhlas dan berjuang tanpa pamrih dan luar biasa.

“Walaupun tidak ada hadiah yang diberi tapi kami Pemkot Pangkalpinang memberikan apresiasi yang sangat luar biasa,” ucap Molen.

Dikatakannya, peringatan May Day kali ini sebagai bentuk apresiasi terhadap organisasi buruh dimana Pangkalpinang berupaya bisa membuka investasi seluas-luasnya.

“Kita menciptakan iklim yang kondusif untuk investasi, untuk menciptakan merek itu mudah tapi untuk menciptakan market itu susah,” ucap molen.

Molen juga berharap kedepan bisa berkolaborasi bersama dengan seluruh kepala daerah untuk menciptakan iklim yang kondusif.

“Seandainya kita kepala daerah menciptakan iklim kondusif akan indah. Tentunya Pangkalpinang sebagai kota jasa dan kabupaten sebagai penyangga dan propinsi sebagai induknya,” tegasnya.

Molen juga mengajak untuk menciptakan iklim Industrialisasi yang bisa meningkatkan pertumbuhan SDM dan ekonomi di Kota Pangkalpinang ini khususnya dan Bangka Belitung umumnya.

“Mari kita ciptakan iklim industri industri yang baik dimana nanti setelah lebaran akan hadir 1000 sepeda PGK, Rice Cooker PGK, Kipas Angin PGK sehingga kita bangga jadi penerima iklim yang aman dan sejahterah,” tutup Molen. (san)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.