by

Penjambret Kambuhan Ditembak, Korban Terakhirnya Mahasiswi Poltek Unsri

Kapolsek Baturaja Timur AKP Liswan Nurhapis menginterogasi penjambret kambuhan NW, Rabu 8 Januari 2020.

Beritatotal.com – Aparat Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Baturaja Timur pimpinan AKP Liswan Nurhapis SH berhasil meringkus pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), yang ditenggarai kerap beraksi menjambret dalam Kota Baturaja.

Tersangkanya NW (27), warga Jl Akmal, Lr Masjid, Bukit Kecil, Kelurahan Pasar Baru. Aparat Unit Reskrim terpaksa menghadiahi sebutir peluru di kaki kanan tersangka karena melakukan perlawanan saat disergap.

Penangkapan tersangka NW dilakukan pada Senin 6 Januari 2020 pukul 19.00 WIB di tak jauh dari rumahnya.

“Pelaku mencoba melawan petugas dan sudah kita beri tembakan peringatan tapi tidak digubris. Akhirnya kita melakukan tindakan tegas  terukur untuk menghentikan perlawanan tersangka,” ujar Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Liswan Nurhapis SH, Rabu 8 Januari 2020.

Dari tangan pelaku pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Yaitu satu unit smartphone milik korban, motor, helm, stnk, serta pakaian pelaku yang dikenakannya saat beraksi.

Berdasarkan catatan petugas kepolisian setempat, pelaku ternyata merupakan seorang residivis atau penjahat kambuhan  sepesialis penjambretan. Tapi tersangka ini pernah juga mendekam di balik jeruji besi karena kasus membongkar rumah atau pencurian dengan pemberatan (curat) pada tahun 2012 lalu.

Usai menjalani hukuman penjara ternyata pelaku tidak jera menggeluti dunia hitam kriminalitas. Pada 2018 lalu dia ditangkap polisi atas kasus penjambretan dan dihukum lagi di Rumah Tahanan Baturaja selama 2,6 tahun.

“Tersangka ini masih bebas bersyarat keluar rutan bulan 9 tahun 2019  lalu. Tapi ternyata belum juga bertobat malah menjambret lagi. Korban terakhirnya seorang mahasiswi semester enam Poltek Unsri Palembang yang sedang balik kampung halaman,” jelas AKP Liswan.

Korbannya yakni Ria (21), warga Jl DR Hamka, Kelurahan Sukaraya. Saat dijambret pelaku, Ria sedang mengendarai motor dan melintas depan SMA Negeri 1 Baturaja, Jl DR Muhammad Hatta, Sukaraya pada Sabtu 4 Januari 2020, pukul 15.00 WIB.

Pelaku menggasak smartphone korban yang diletakkan di dalam dasbhor dan korban sempat oleng tapi tidak terhempas ke aspal.

Saat ini, sambung mantan perwira yang sudah pernah dua kali manjabat Kasat Narkoba tersebut, pihaknya masih mengembangkan kasus-kasus kejahatan tersangka lainnya. Sebab tersangka sebelum ini atau semasa menjalani bebas bersyaratnya sudah empat kali menjambret.

“Tapi yang ada laporan polisinya baru atas nama korbannya yang mahasiswi tadi. Jadi ini dulu yang langsung kita proses sembari mengembangkan kejahatan dia lainnya yang dilakukan bersama temannya yang sudah kita ketahui identitasnya,” pungkas AKP Liswan. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.