by

Pembangun Harus Merata, Jangan Hanya Insfrastruktur

Dosen Universitar Baturaja (UNBARA), Hendra Alfani

BeritaTotal.com – Pengamat sekaligus Akademisi di OKU, Hendra Alfani menilai sebenarnya banyak masalah yang perlu disikapi. Pembangunan di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang ini tidak semata harus terpusat ke insfrastruktur saja.

Melainkan harus seimbang antara pembangunan insfrastruktur, baik jalan, jembatan, bangunan, sarana air bersih dan aliran listrik dan bangunan lainnya dengan Kesehatan, Kebudayaan, Pendidikan, pariwisata dan lainya harus seimbang.

“Semua pembangunan itu harus seimbang antar sektor, walaupun ada skala pioritas karena mendesak. Tapi harus tetap seimbang dan merata. Untuk pembangunan tak cukup insfrastruktur saja,” ujarnya, Dosen
Universitas Baturaja ini, menambahkan ok insfrastruktur dibangun, tetapi kesehatan, pendidikan, budaya, pariwisata, air bersih, SDM juga harus dijalankan.

Hendra memberikan gambaran. Bidang pembangunan itu banyak. Mulai dari insfrastruktur, SDM, Budaya, pariwisata, ekonomi rakyat, pertambangan perkebunan dan sebagainya.

“Di OKU inikan banyak, bukan masalah insfrastruktur saja. Tidak boleh ada yang ketinggalan semua harus berjalan,” katanya.

Disinggung apakah ini sudah berjalan, kata Hendra ia belum tahu persis. Pengalaman selama ini pembangunan insfrastruktur kan yang bisa dilihat hasil dan bentuknya dengan kasat mata. Kalau yang lain mungkin tidak bisa dilihat hasilnya. “Untuk persisnya baru bisa diketahui, dari APBD, berapa anggaran untuk sektor-sektor itu,” jelasnya.

Disamping itu mengenai, reses yang dilaksanakan perorangan ataupun kelompok kata Hendra sepemahamannya tidak ada aturan yang mengharuskan dan melarang reses berkelompok ataupun perorangan ke dapil masing-masing. Termasuk jika mereka mau memperkuat peta basis pemilihnya untuk mencalonkan diri dalam pemilu legislatif berikutnya.

”Itu sah-sah saja sekalian mereka “melapor” ke konstituennya (pemilihnya) apa yang sudah mereka lakukan selama ini sebagai anggota DPRD yang mewakili pemilih di dapilnya,” ungkapnya.(bar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.