by

Pelaku Ganjal ATM Sampai Bergulat Dengan Polisi, Akhirnya Dorrr…

Tersangkaa Mn alias Bur saat dihadirkan di Polres OKU, Kamis (16/1)

Beritatotal.com – Dua jempol untuk aparat Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur. Sebagaimana yang diberitakan, bahwa satu pelaku yang kerap mengganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kota Baturaja, akhirnya bisa diringkus.

Terbongkar. Pelaku tidak bekerja sendirian. Dia memiliki komplotan benar-benar spesialisasi kejahatan bidang mengganjal kartu ATM di mesin ATM. Ada tiga temannya yang lain yang kini masih dalam pengejaran.

Penangkapan pelaku terbilang sangat melelahkan. Anggota Polsek Baturaja Timur nyaris setiap hari mengintai keberadaan komplotan ini. Soalnya sudah ada laporan warga yang duitnya terkuras setelah ATM-nya terganjal di mesin ketika akan menarik uang tunai.

Dipimpin langsung Waka Polsek Baturaja Timur Iptu Yudhianto, tersangka Mn  alias Bur (36), warga Desa Padang Bindu, Kecamatan Buay Rujung, Kabupaten OKU Selatan, berhasil digelandang ke Mapolsek Baturaja Timur, Rabu dinihari (15/1), pukul 02.00 WIB. klik disini

Sebelumnya pelaku dimampirkan dulu ke ruang UGD RSUD Ibnu Sutowo untuk mendapat perawatan medis. Dikarena luka tembak di kakinya karena petugas terpaksa melumpuhkan dia dengan timah panas lewat tindakan tegas terukur.

“Kita sudah menangkap satu dari empat pelaku yang beraksi dengan modus mengganjal mesin ATM di Kota Baturaja. Pelaku kita  beri tindakan tegas turukur karena melakukan perlawanan ketika ditangkap,” terang Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk, Kamis (16/1).

Informasi yang didapat menyebutkan, penangkapan tersangka Bur berlangsung menegangkan. Polisi sudah sejak Desember lalu mengintai terduga pelaku dan kawanannya. Beberapa mesin ATM di Kota Baturaja sering dipantau petugas dengan berbagai penyamara. Baik dari jarak dekat maupun dari kejauhan.

Berbekal dengan ciri-ciri pelaku yang sudah dikantongi, pada malam ditangkapnya Bur sekitar pukul 19.15 WIB, Selasa (14/1), di SPBU Air Paoh, petugas yang mengintai melihat Bur mondar-mandir mencurigakan dekat ATM di SBPU ini.

Dia pun kemudian disergap tapi melakukan perlawanan sengit hingga bergulat dengan petugas. Tak mau targetnya lolos karena sudah cukup lama diintai, polisi melepaskan tembakan peringatan ke udara. Dorrr…

Bukannya menciut, pelaku yang pernah dipenjara di Rutan Muaradua tersebut terus berontak. Akhirnya tindakan tegas terukur diarahkan ke kaki kanan pelaku. Dia pun tersungkur dan baru bisa diamankan.

Dari tangan tersangka disita ATM milik orang lain, klik disini uang tunai Rp 750 ribu yang baru ditariknya dari mesin ATM, potongan gergaji besi untuk memasukkan plastik mengganjal ATM, dan sebuah linggis.

Pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi (LP) korbannya atas nama Erwanto (40), warga Jl Kol Wahab Sarobu, RT 02/01, Kel Sekarjaya. Dia menderita kerugian Rp 13 juta lantaran uang tabungannya dikuras pelaku menggunakan ATM miliknya yang tersangkut di mesin ATM di SPBU Air Paoh.

“Kejadian dengan korban atas nama Erwanto pada 14 Desember 2019 lalu. Berdasarkan LP inilah kita tangkap pelakunya. Ternyata dimalam penangkapan dia baru saja menarik uang milik korban lainnya”

“Modusnya sama. Karena ATM korban nyangkut dimesin yang sudah diganjal pelaku lalu pelaku dengan temannya datang pura-pura ingin membantu. Kemudian korban diminta memasukkan nomor PIN yang oleh pelaku direkam menggunakan HP. Namun pelaku mengatakan tidak bisa mengeluarkan kartu ATM korban sehingga korban pulang,” jelas AKBP Tito.

Selanjutnya pelaku dan temannya masuk ke dalam ATM dan membongkar salah satu bagian di mesin menggunakan linggis kecil untuk menarik ATM milik korban tadi. Mereka pun menguras uang korban di mesin ATM lain menggunakan kartu ATM tersebut yang sudah direkam nomor PIN-nya ketika berpura-pura membantu korban. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.