by

Pejabat Polda Mendadak ke Polres OKU, Usai Temui AKBP Tito Langsung ke Lapangan

AKBP Tito menjelaskan kepada Karo Ops Kombes Djihartono soal kesiapan pengamanan Pilkades serentak

Beritatotal.com – Sejumlah pejabat Polda Sumsel berpangkat mulai dari komisaris polisi dan hingga komisaris besar (Kombes) polisi mendadak ke Mapolres OKU, Selasa (11/2).

Dua orang berpangkat Kombes masing-masing menduduki jabatan kepala biro (karo) dan direktur (Dir), tampak begitu sampai di Polres OKU kawasan Batukuning langsung menemui Kapolres AKBP Tito Travoltta Hutauruk di ruang kerjanya.

Yakni Karo Ops Kombes Pol Djihartono dan Dir Samapta Kombes Pol Budi Suprayogi. Selain itu ada pula perwira dengan pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan kompol mendampingi ke ruangan.

Setelah sekian menit berada di ruangan AKBP Tito, rombongan ini kemudian ke halaman upacara polres setempat. Disini sudah berbaris ratusan anggota termasuk pejabat utama Polres OKU berjemur di bawah terik matahari menyengat.

Karo Ops Kombes Pol Djihartono tanpa basa-basi langsung mengambil alih komando untuk menjelaskan duduk persoalan dia dan dan sejumlah petinggi Polda Sumsel datangi Polres OKU.

“Saya selaku Karo Operasional Polda Sumsel bersama Direktur Samapta dan Direktorat Intelkam sengaja datang ke Polres OKU yang wilayahnya ada pelaksanaan pilkades. Kenapa saya jauh-jauh datang kasini? Sebagaimana kita ketahui bahwa Pilkades lebih rawan dari pilpres maupun pileg,” jelasnya.

Kabupaten OKU sebagai salah satu kabupaten yang menyelenggarakan hajatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, menurut Kombes Djihartono, mesti siaga penuh dengan pengamanannya.

Aparat Polres OKU kata dia tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama dengan TNI dan Pol PP. Sekuat dan sehebat apa pun polisi disini menurut Kombes Djihartono harus bersinergi dengan TNI serta Pol PP.

“Target pilkades harus aman jangan sampai terjadi lagi kasus seperti di Kabupaten OKU Selatan. Saya kira kita sudah sama-sama tahu bagaimana kejadian di OKU Selatan,” ingat Kombes Djihartono.

“Tidak ada cara lain selain mengangkat even ini harus aman mulai dari proses hingga pelantikan. Makanya harus dimanej sebaik mungkin,” pungkasnya.

Usai memberi arahan, didampingi Kapolres OKU AKBP Tito, pejabat Polda Sumsel tersebut berkeliling mengecek kesiapan anggota dan kendaraan bermotor masing-masing institusi yang terlibat. Yakni dari Kodim 0403 OKU, Pol PP dan terakhir dari Polres OKU sendiri. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.