by

Paripurna Pengangkatan Wakil Ketua DPRD Babel Pengganti M Amin Ditunda Hingga Bulan Depan

Beritatotal.com –  Pimpinan dan Anggota DPRD Babel mengagendakan Rapat Paripurna terkait usulan peresmian pengangkatan calon pengganti Pimpinan Wakil Ketua DPRD Babel M Amin digantikan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Babel, Beliadi pada  Rabu (30/11). Namun ternyata rapat tersebut ditunda pelaksanaanya.

Menurut Ketua DPRD Bangka Belitung, Herman Suhadi, penundaan terjadi mengingat surat keputusan pemberhentian pimpinan DPRD belum diterima sampai hari ini dari Kementerian Dalam Negeri.

“Maka paripurna penyampaian usul peresmian pengangkatan calon pimpinan DPRD Babel, belum dapat dilaksanakan pada kesempatan ini, dan akan dijadwalkan kembali pada bulan berikutnya,” kata Herman, Rabu (30/11/2022).

Herman mengatakan, pihaknya tidak menghambat terkait tertundanya pengangkatan Wakil Ketua DPRD Babel dari Amin ke Beliadi. Tetapi karena belum adanya surat keputusan pemberhentian pimpinan DPRD dari Kementerian Dalam Negeri hingga saat ini.

“Kami bahkan sudah berkoordinasi baik dengan Fraksi Gerindra mempersilakan, bersama-sama Pemprov mempercepat itu, untuk melakukan koordinasi ke Kemendagri. Tetapi sampai hari ini belum diterima sehingga akan dilakukan penjadwalan ulang,” ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, pemberhentian M Amin menjadi Wakil Ketua DPRD Babel bersifat internal dari DPD Gerindra.

“Pemberhentian itu bersifat internal mereka, hal seperti itu bukan hanya di sini, di Bangka, Pangkalpinang dan seluruh Indonesia. Ini internal. Saya mengikuti prosedurnya saja. Ini persoalan internal,” kata Herman.

Ia menegaskan, pergantian pimpinan DPRD Babel bukan karena persoalan atau sengketa. Tetapi karena penyegaran yang dilakukan oleh internal partai.

Untuk diketahui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Bangka Belitung, menyerahkan surat pergantian pimpinan DPRD ke Sekwan DPRD Provinsi Babel, pada Selasa (12/7/2022) lalu.

Surat ini perihal pergantian pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi  Bangka Belitung Nomor 07/019/DPD-Partai Gerindra/2022 ditandangani langsung oleh Ketua DPD Gerindra Babel, Erzaldi Rosman dan Sekretaris Suwarno tertanggal 1 Juli 2022.

Surat DPD Gerindra Babel ini, menindak lanjuti keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat Partai Pergerakan Indonesia Raya (Gerindra) Nomor: 05-0076/Kpts/DPP-GERINDRA/2022 tentang Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Partai Gerindra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2022-2024.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung dari Fraksi Gerindra, Beliadi ditetapkan Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto menjadi Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, menggantikan Muhammad Amin. (san)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.