by

Oknum Sekdes Ditangkap Polisi Ternyata Anggota PPK Juga, Ketua KPU OKU : Kita Pecat

Beritatotal.com – Antoni alias Toni (41), oknum sekretaris desa (Sekdes) Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yang ditangkap Tim Buser Satreskrim Polres OKU pimpinan AKP Alex Andriyan SIKom, Minggu (17/3), ternyata juga salah seorang anggota penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) serentak,.

Dari informasi yang diterima Beritatotal.com, Toni merupakan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di bawah Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya yang dikonfirmasi Beritatotal membenarkan kalau Toni adalah anggota PPK Kecamatan Lubuk Batang.

“Memang benar Toni adalah anggota PPK Kecamatan Lubuk Batang. Kalau Tidak salah dia di bagian teknis,” jawab Naning melalui sambungan seluler, Senin malam (18/3).

Terkait kasus oknum sekdes yang juga anggota PPK Kecamatan Lubuk Batang terlibat tindak pidana, Naning mengaku belum mendapat laporan langsung. Tapi dia akan mengeceknya berdasarkan pemberitaan di media online yang sudah beredar.

“Nanti kami para komisioner akan mengecek kebenarannya. Kalau memang anggota PPK tersebut memang sudah jadi tersangka tentu akan ada tindakan dari kami selaku penyelenggara Pemilu di atasnya,” tambah Naning.

Meski Toni terlibat kasus dan berurusan dengan kepolisian, Naning menjamin persiapan pelaksanaan Pemilu serentak di Kecamatan Lubuk Batang tidak akan terganggu.

“Masih ada waktu satu bulan lagi menuju Pemilu. Dengan yang bersangkutan terlibat kasus apalagi kalau sudah menjadi tersangka, tidak akan mengganggu persiapan pelaksanaan Pemilu. ‘Kan masih ada empat anggota PPK lainnya,” jelas pria yang sudah dua periode jabat Ketua KPU OKU ini.

Namun, sambung Naning, pihaknya dalam hal ini melalui Divisi Sumberdaya Manusia akan menindaklanjuti kasus Toni untuk kepentingan organisasinya. Yang jelas pihaknya akan mengeluarkan keputusan tegas bila Toni sudah menjadi tersangka.

“Kita pecat. Hari ini juga kita akan rapat kalau hasil pengecekan kebeneran Toni menjadi tersangka tindak pidana. Kita langsung terbitkan surat keputusan dan dikirim ke kekecamatan. Kemudian kita akan plenokan penggantinya,” Naning.

Mengenai pengganti Toni sebagai angggota PPK, menurutt Naning akan dipilih dari lima orang peserta seleksi sisa dari yang lolos 10 besar pada waktu perekrutan lalu. Namun dia lupa nama-nama lima peserta seleksi yang lulus 10 besar disamping lima orang yang dilantik termasuk Toni.

Diketahui, Satreskrim Polres OKU pimpinan AKP Alex Andriyan SIKom meringkus Toni bersama rekannya. Dia terlibat pembegalan warga Kepayang, Kecamatan Peninjauan yang membonceng seorang biduanita, Minggu dinihaari (17/3), pukul 02.30 WIB.

Saat ini Toni dan rekannnya Dika sudah diamankan di sel Mapolres OKU untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

“Kasat Reskrim Polres OKU bersama anggotanya telah menangkap tersangka pencurian dengan kekerasan. TKP nya di simpang empat Kelurahan Sukajadi pada Minggu dinihari. Korban melapor ke piket SPKT dan Satreskrim langsung melakukan penyelidikan hingga berhasil meringkus dua tersangka. Oknum sekdes bernama Toni (Antoni) dan rekannya Dika,” jelas Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari.  (dijee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.