by

Naik Pick Up Pendemo, Herman Suhadi Sepakat Tolak Pelemahan KPK

Beritatotal.com – Ratusan Mahasiswa dari Aliansi BEM di Bangka Belitung berunjuk rasa menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), di Kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung, Selasa (06/07/2021) sore.

Kedatangan ratusan mahasiswa tersebut diterima Ketua DPRD Bangka Belitung Herman Suhadi dan Wakil Ketua Amri Cahyadi. Bahkan Herman Suhadi terlihat tak canggung untuk naik mobil pickup pendemo untuk memberikan tanggapannya terkait tuntutan mereka.

Herman Suhadi, mengatakan, bahwa dirinya sepakat terkait penolakan pelemahan KPK yang disuarakan oleh mahasiswa.

“Kami sampaikan, kami sangat sepakat di negeri ini tidak ada korupsi, kami sepakat dengan kawan-kawan semua bahwa di negeri ini jangan ada ketidakkeadilan,”jelas Herman Suhadi menyampaikan dihadapan mahasiswa aliansi BEM Bangka Belitung, pada Selasa (6/7/2021).

Politikus PDI Perjuangan ini sepakat, bahwa KPK jangan sampai dilemahkan dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia.

“Saya sepakat, setuju dan saya sepemikiran dengan kawan-kawan dengan hari ini, kami bangga dengan mahasiswa semua,” ungkapnya.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut juga mendesak Ketua DPRD Bangka Belitung untuk mendatangani surat kesepakatan berkaitan pelemahan KPK.

Untuk diketahui, massa pendemo berasal dari Universitas Bangka Belitung, IAIN SAS Bangka Belitung, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, STIH Pertiba, dan Stisipol Pahlawan 12.

Meski diguyur hujan, ratusan mahasiswa tetap menyuarakan orasi mengkritisi isu-isu yang kini bergulir di pemerintahan mengenai pelemahan KPK.

Koordinator Daerah Aliansi Mahasiswa Bangka Belitung, Noval, dalam orasinya mengatakan, tujuan mereka melakukan aksi untuk begerak menolak pelemahan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

“Saya sebagai masyarakat biasa melihat kenapa negara kita memelihara tikus tikus negara. Di mana suaranya terkait KPK dilemahkan, di mana ketidak adilan yang ada di negara ini,” kata Noval.

Noval mengharapkan Anggota DPRD Bangka Belitung juga ikut mensuarakan agar KPK tidak dilemahkan, dengan terus bersuara menolak pelemahan KPK.

“Katanya negara ini menjamin asas demokrasi, tetapi uang rakyat terus diambil di mana-mana dilakukan pelemahan KPK bisa dilihat. Dengan melihat keresahan yang sama, terkait KPK yang semakin dilemahkan,” katanya.

Ia meminta DPRD Bangka Belitung dapat terketuk untuk menyuarakan penolakan terhadap pelemahan KPK.

“Kami meminta pimpinan DPRD Babel untuk mengetuk hati nuraninya, apakah kita diam, mahasiswa saja bergerak sekarang untuk menyelamatkan KPK,” terangya.

Presiden Mahasiswa UBB, Rio Saputra menyampaikan duka cita atas pelemahan KPK yang dilakukan saat ini.

Inalilahi wainalilahi rojiun, KPK bukan Komisi Pelindung Koruptor, tetapi Komisi Pemberantasan Korupsi, ketua DPRD jangan berdiam diri melihat KPK dilemahkan,” kata Rio.

Rio mengatakan, kedatangan mahasiswa  bukan atas nama mahasiswa atau almamater setiap kampus, tetapi atas nama mahasiswa Indonesia.

“Bahwa kepentingan yang kami bawa bukan dari kampus masing masing tetapi kepentingan masyarakat Indonesia,” tegas Rio.

Berikut Poin Tuntutan Mahasiswa Tolak Pelemahan KPK

  1. Menyatakan menolak segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK, termasuk menolak RUU KPKInisiatif DPR RI
    2.Mendesak DPR RI membatalkan revisi UU KPK
    3. Menuntut Presiden Joko Widodo menempati janji untuk melakukan penguatan KPKdalam rangka mewujudkan Indonesia Bebas KKN
    4. Mengajak setiap element masyarakat bersatu untuk menolak segala upaya yang mengancam pemberantasan korupsi di KPK
    5. Apabila revisi UU KPK tetap dilaksanakan maka BEM KM UBB menyatakan mosi tidak percaya kepada setiap pihak yang terlibat dalam pengesahan RUU tersebut. (khoi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.