by

Mulianya Hati Polisi Ini, Tahan Kelililing Kampung Bawa Whiteboard Cari Siswa Tak Punya Akses Internet Untuk Diajari

Brigadir Rio Nanda berjalan sambil membawa whiteboard mencari anak yang tak punya akses internet untuk diajari

Beritatotal.com – Sungguh mulia hati polisi yang ditugaskan sebagai anggota Bhabinkamtibmas di Kelurahan Talang Jawa wilayah hukum Polsek Baturaja Barat ini.

Dia rela berjalan menyusuri perkampungan sambil membawa whiteboard (papan tulis), spidol dan penghapus.

Mengenakan seragam korps kebangaannya lalu bermasker, Brigadir Rio Nanda tak peduli terik matahari menyengat kulit kepalanya.

Ditambah pula ibadah puasa Ramadhan yang tengah dijalaninya tentu saja akan menguras energi untuk door to door di area pemukiman penduduk yang gersang.

Brigadir Rio bukan sedang bersafari Ramadhan. Tapi sekarang dia rutin mencari anak-anak yang saat ini sedang disuruh belajar di rumah dampak wabah corona.

Anak yang dicarinya tersebut adalah yang tidak punya gadget berupa android dan akses internet. Memang, kebijakan belajar dirumah diantaranya dilakukan dengan cara daring.

Brigadir Rio Nanda mengajari anak di teras rumah sambi duduk lesehan

Tentu saja cara ini hanya bisa dilakukan bagi siswa yang cuma punya HP android, laptop, komputer berakses internet dan juga kuota data.

Tidak semua pelajar orang tuanya mampu membekali anak-anaknya dengan fasilitas tersebut. Terlebih wabah corona sudah membawa situasi pada krisis banyak aspek kehidupan tak terkecuali ekonomi yang melemah.

Di Kabupaten OKU, kebijakan belajar dirumah sudah dua kali diperpanjang. Terakhir diperpanjang mulai 27 April sampai dengan 31 Mei 2020.

Itu pun masih akan melihat lagi perkembangan penyebaran virus corona. Jika tidak juga menunjukkan grafik penurunan signifikan, bisa jadi waktu belajar di rumah akan kembali diperpanjang dinas dan pejabat terkait.

Kondisi tersebut menggugah hati dan pikiran Brigadir Rio untuk membantu sesama. Agar para pelajar tetap memanfaatkan waktu positif sesuai kebijakan untuk belajar dirumah, tapi terkendala fasilitas khususnya akses internet.

Brigadir Rio mengajari anak disela-sela orangtuanya bekerja rumahan

“Wabah corona ini sudah menguji kita semua. kegiatan belajar pun terpaksa dilakukan di rumah, akan tetapi tidak semua anak memiliki akses internet,” kata  Brigadir Rio, Rabu (06/05).

“Hati saya terpanggil untuk membantu mengajar mereka karena di pundak merekalah masa depan bangsa kita,” imbuhnya.

Makanya, kini, selain sebagai seorang anggota Bhabinkamtimbas yang salah satu tugasnya menjaga wilayah kerjanya selalu kondusif, Brigadir Rio selalu menyempatkan untuk ‘blusukan’ sambil menenteng whitboard, spidol dan penghapus.

Anak-anak yang ditemuinya di rumah merasa senang diajari seorang polisi yang bagi mereka sangat ramah dan humanis.

Ada yang diajari Rio di ruang tamu sambil duduk membaca buku dan ada yang diteras rumah sambil duduk lesehan.

Layaknya guru memberikan pelajaran di muka kelas kepada anak didiknya, Brigadir Rio Nanda pun bisa memerankan profesi guru itu semampunya kepada anak-anak tak punya akses internet.

Brigadir Rio mengajari anak di dalam rumah

Sesekali Rio menuliskan dan menerangkan pelajaran sesuai tingkat kelas anak yang ditemuinya. Dia pun mengajak interaksi anak yang sedang dibimbingnya. Suasana belajar mengajar pun tidak membosankan mereka.

Ketua RT 08 Kelurahan Talang Jawa, Putri Iman Sari, berterima kasih dengan hadirnya polisi berhati mulia seperti Brigadir Rio.

Diakui Putri, sapaan akrab ibu RT ini, di wilayahnya masih banyak anak-anak pelajar yang tidak punya akses untuk belajar secara daring.

“Dengan adanya Pak Rio kami selaku Ketua RT 08 Kelurahan Talang Jawa sangat berterima kasih karena dia sudah mau mengajarkan anak-anak di lingkungan kami yang tidak punya akses internet,” kata Putri.

Orang tua dan warga di tempatnya pun menurut Putri merasa terbantu dengan cara Brigadir Rio bertugas bukan sekedar sebagai polisi yang mengayomi dan melindungi masyarakat disini.

“Tapi dengan Pak Rio ikut membantu mengajar anak-anak tak punya akses internet sangat membantu kami di tengah pandemi corona,” imbuh Putri.

Dia pun berharap akan semakin banyak polisi-polisi lainnya yang bisa melakukan seperti yang telah dilakukan Brigadir Rio.

Apa yang telah dilakukan Brigadir Rio Nanda ternyata sudah diketahui atasannya. Baik Kapolsek Baturaja Barat AKP Marwan selaku atasan ditempatnya bertugas, Kasat Binmas AKP Marjuni selaku atasan yang membawahi personil Bhabinkamtibmas, hingga Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH.

“Bagus itu. Saya sudah suruh buat video dokumentasinya. Anggota-anggota yang seperti ini mesti kita support apalagi demi kebaikan bersama,” kata Kapolres.

“Hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan solusi di tengah pandemi corona, salah satunya mengajari anak-anak belajar di rumah karena tidak ada akses internet adalah langkah yang positif,” tambahnya. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.