by

LINK Pendaftaran Masuk SMA /SMK Negeri TP 2020 – 2021 Melalui Jalur Tes Potensi Akademik

Salah satu kegiatan yang melibatkan guru dan siswa SMA Negeri 5 OKU sebelum pandemi covid-19. (foto: dok)

Beritatotal.com – Calon siswa yang mendaftar masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri Tahun Pelajaran (TP) 2020 – 2021 di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel melalui jalur zonasi sudah bisa diketahui hasilnya, hari ini, Kamis (18/6).

Pengumuman hasil diterima atau tidak diterima siswa pendaftar di jalur tersebut, bisa dilihat di website  resmi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi secara online dengan meng-klik LINK ini.

Bagi yang belum beruntung diterima masuk di SMA / SMK negeri tujuannya melalui jalur zonasi, karena jangkauan domisilinya lebih jauh dari pendaftar yang lebih dekat jarak rumahnya ke sekolah jangan berkecil hati dulu.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel masih membuka kesempatan masuk SMA / SMK negeri dengan satu jalur lagi sekaligus jalur terakhir. Yakni melalui Jalur Tes Potensi Akademik / Tes Mandiri.

Untuk mengikuti jalur ini, sebelum pelaksanaan tes tertulisnya di sekolah-sekolah yang dituju, maka para orang tua dan calon siswa juga wajib tahu lho.

Ingat, untuk bisa ikut jalur Tes Potensi Akademik / Tes Mandiri panitia juga membuka pendaftaran secara online.

Nah, untuk di Kabupaten OKU salah satunya tiga sekolah pavorit disini masing-masing SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 5 OKU telah membentuk panitia bersama PPDB TP 2020 – 2021. Proses pendaftaran online-nya melalui website dengan cara klik LINK ini.

Ketua Pnitia PPDB SMA Negeri 5 OKU TP 2020 – 2021, Dra Diana Ariani atau akrab dipanggil Bu Rini, menjelaskan, masa pendaftaran online tes potensi akademik / tes mandiri dibuka selama empat hari. Yakni tanggal 19, 20, 22, dan 23 Juni 2020.

Cukup lama bukan? Makanya dari sekarang persiapkanlah berkas-berkas untuk melengkapi persyaratannya saat akan melakukan validasi data ke sekolah yang dituju, maupun proses pendaftaran ulang jika dinyatakan diterima/lulus.

Yang terpenting adalah mempersiapkan diri untuk belajar agar saat menjawab soal-soal tes nanti tidak mengalami kesulitan dan bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

“Pelaksanaa tesnya pada tanggal 24 s/d 26 Juni 2020 dan hasilnya langsung diumumkan pada tanggal 27 Juni 2020. Sedangkan pedaftaran ulang dijadwalkan dua hari tanggal 29 dan 30 Juni 2020,” jelas Bu Rini.

Untuk materi atau soal-soal yang akan diujikan dalam tes mandiri tersebut menurut Bu Rini biasanya seputar soal ujian nasional (UN).

“Untuk di SMA Negeri 5 OKU saat pelaksanaan tes nanti kita akan lihat jumlah peserta yang mendaftar. Jika banyak makan akan dibagi-bagi tes per hari selama tiga hari sesuai jadwal atau dengan cara shift sebanyak 3 shift dalam sehari. Peserta tes wajib mengenakan seragam SMP,” jelasnya.

Pembagian waktu jadwal tes tersebut bertujuan agar tidak terjadi keramaian di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Kita juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penularan dan penyebaran virus corona. Semua panitia dan peserta tes harus menggunakan masker dan menjaga jarak. Bahkan SMA Negeri 5 sudah membentuk Satgas Covid-19 sekolah,” pungkasnya. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.