by

Libur Tahun Baru Ribuan Pelancong Serbu Goa Puteri dan Pulau Desa Keban Agung, Polisi Patroli Ingatkan Wabah Covid-19

Beritatotal.com – Bila malam pergantian tahun 2020 menuju Tahun 2021 masyarakat yang hendak merayakannya di Taman Kota Baturaja gagal total akibat akses jalan diblokade aparat Polres OKU dipimpin langsung Kapolres AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH, demi mencegah penyebaran wabah virus corona.
Tapi di hari pertama tahun baru ini, 1 Januari 2021, yang merupakan libur nasional, masih banyak masyarakat yang tidak menggubris wabah corona yang semakin banyak menimbulkan korban.
Buktinya, dua lokasi objek wisata di kawasan Kecamatan Semidang Aji, Goa Puteri dan Pulau Desa Kaban Agung (wisata pinggir sungai), diserbu ribuan pelancong baik pengunjung lokal maupun yang sengaja berlibur dari luar daerah.
Informasi yang diperoleh, jumlah pelancong yang berwisata ke Goa Puter dari pagi hingga sore mencapai 2000 orang. Sedangkan yang berwisata ke Pulau Desa Kebang Agung mencapai 1500 orang.
Total kendaraan yang masuk ke area Goa Puteri sebanyak 200 unit mobil dan 300 unit motor. Sedangkan di Pulau Desa Keban Agung mobil yang masuk sebanyak 150 unit dan motor 500 unit.
Meski jumlah pengunjung ribuan, tapi mereka tidak datang bersamaan hingga tidak terjadi kerumunan masif.
Tapi, aparat Polsek Semidang Aji yang berpatroli di kedua objek wisata tersebut tak henti-hentinya menyampaikan imbauan kepada pengunjung untuk menaati aturan protokol kesehatan covid-19.
“Kalau ke Goa Puteri pengunjung sifatnya datang dan masuk goa lalu mereka keluar lagi. Tidak ada mainan lain disini pastinya pengunjung cepat bosan lalu pulang. Sehingga tidak terjadi penumpukan pengunjung,” jelas Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Semidang Aji Iptu Bastari, Jumat (1/1/2021).
Ditambahkan Iptu Bastari, untuk pengunjung di Pulau Desa Keban Agung mereka kebanyakan berkumpul dipinggir sungai dekat mobil masing-masing.
“Tapi kita selalu mengimbau pengunjung agar mematuhi standar protokol kesehatan. Kita juga mendirikan Pos Pengamanan di Goa Puteri,” sambungnya.
Mengingat di hari libur nasional ini saja sudah mencapai 3000 warga yang melancong ke dua objek wisata tersebut, diperkirakan jumlahnya akan meningkat seiring berlajut dengan libur akhir pekan Sabtu dan Minggu.
Untuk mengantisipasinya, menurut Iptu Bastari, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas Keban Agung. Dimana pengunjung yang akan datang besok harus dicek suhu tubuhnya, diminta mencuci tangan dan tidak bersalaman serta tetap menjaga jarak.
“Ada gentong yang disediakan untuk pengunjung mencuci tangan sebelum masuk objek wisata. Mereka akan dicek suhu tubuhnya oleh petugas puskesmas yang kami ajak berkolaborasi mengantsipasi penyebaran covid-19 di lokasi objek wisata,” pungkasnya. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.