by

Kodim 0403 OKU Jemput Bola Vaksinasi Pelajar SMA Negeri 5 Dukung PTM

Beritatotal.com – Mendukung program pemerintah terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah, aparat Kodim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU) jemput bola mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melakukan serbuan vaksinasi covid-19 kepada pelajar.

SMA Negeri 5 OKU beruntung mendapat kesempatan pertama kali untuk tingkat SMA  di OKU yang didatangi petugas/tenaga kesehatan dari Kodim 0403 OKU.

Dipilihnya SMA Negeri 5 OKU karena dinilai Kodim 0403 OKU karena sekolah ini sudah melakukan persiapan matang untuk mengajak siswanya divaksin serentak.

Bahkan, data siswa yang sudah divaksin hari ini langsung dilakukan input datanya dengan mengerahkan pelajar menggunakan laboroatorium komputer di SMA.

Adapun  tenaga kesehatan yang didatangkan merupakan tim dari Rumah Sakit Tentara (RST) dr Muhammad Noesmir Baturaja.

Proses vaksinasi dan pendataan pun dimonitor langsung Dandim 0403 OKU Letkol ARH Tan Kurniawan, S.AP.,M.I.Pol.

Menurut Dandim Tan Kurniawan,  vaksinasi ini untuk mendukung program pemerintah yang sedang menerapkan PTM. Diharapkannya proses PTM di sekolah-sekolah berjalan lancar sampai situasi normal dan seluruh pelajar sudah mendapatkan vaksin lengkap.

“Sebenarnya kami sudah lama melakukan serbuan vaksinasi ke masyarakat. Mengingat saat ini pemerintah sudah menerapkan belajar tatap muka, maka kali ini langsung kami alihkan untuk pelajar. Dan hari ini kami melakukan vaksinasi di SMA Negeri 5 OKU,” jelas Letkol ARH Tan Kurniawan, S.AP.,M.I.Pol, di sela-sela memonitor vaksinasi pelajar SMAN 5 OKU, Rabu (8/9/2021).

Menurut perwira menengah TNI AD putra asli Baturaja ini, Serbuan Vaksinasi Nasional Kodim 0403 OKU secara keseluruhan hingga hari ini sudah menyasar 20 ribu lebih masyarakat OKU dari berbagai kalangan.

Namun, khusus pelajar, menurut Letkol Tan Kurniawan, sampai hari ini baru sekitar 2000 pelajar. Sebelum “menyerbu” SMAN 5 OKU, pihaknya sudah menjemput bola terlebih dulu di tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di OKU. Yakni SMKN 3, SMKN 2 dan SMKN 5.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 OKU Yulian Mukhni MPd mewakili sekolah sangat berterima kasih dengan program Kodim 0403 OKU.  Menurut dia, sebelum petugas Kodim “menyerbu” sekolahnya, ada 40 pelajar mereka yang sudah melakukan vaksinasi mandiri.

Namun dalam serbuan Vaksinasi Nasional Kodim 0403 OKU, kini siswanya yang sudah divaksin tahap pertama sudah mencapai 300 pelajar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Dandim 0403 OKU karena untuk tingkat SMA sekolah kami SMA Negeri 5 OKU menjadi perioritas pilihan pertamanya untuk melakukan vaksin kepada kalangan pelajar,” ujar Yulian didampingi Wakasek Kesiswaan Dra Diana Ariani.

Pantauan di lapangan, sebanyak lebih kurang 300 siswa baik yang sedang mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah  maupun yang belajar  daring di rumah, tidak menyia-nyiakan kesempatan vaksinasi oleh Kodim 0403 OKU.

Sebelum disuntik vaksin para pelajar discreening petugas kesehatan. Pelajar yang  dinilai kurang pada saat itu disarankkan petugas ditunda dulu vaksinnya.  Mereka yang sudah divaksin tahap pertama ini selanjutnya akan mendapat vaksin tahap kedua paling lama 28 hari kedepan. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.