by

KNPI Pangkalpinang Berbakti, Songsong Sumpah Pemuda Rumah Nek Solbiah Dibedah

Beritatotal.com – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, dikomandoi Febri Yanto SIP MSi, tak berhenti mengggerakkan roda organisasi.

Kali ini, menyongsong Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober, KNPI Pangkalpinang menebar bakti yang patut diapresiasi.

Febri Yanto dan jajaran pengurusnya bekerjasama dengan Yayasan Bunda Salamah akan merenovasi rumah yang dihuni oleh seorang nenek yang kerap disapa Nek Solbiah.

Lokasi rumah Nek Solbiah yang masuh target utama bedah rumah sebagai bentuk KNPI Pangkalpinang berbakti untuk masyarakat ini, berada di salah satu sudut kawasan Kelurahan Air Kepala Tujuh, Kecamatan Gerunggang.

Kondisi rumah tidak layak huni dan lingkungan rumah benar-benar tidak sehat. Bagian belakang rumah, dapur dan kamar mandi hanya ditutupi terpal bekas. Perabotan di dalam rumah banyak yang usang, pencahayaan sangat kurang sehingga sirkulasi udara membuat tak sehat.

“Tadi kami sudah crosscheck langsung ke rumah Nek Solbiah bersama Ketua Yayasan Bunda Salamah Kota Pangkalpinang Ibu Ernawati. Keadaan di dalam rumah sangat tidak layak. Dia sudah lama hidup sebatang kara,” kata Kang Ayi, demikian nama populernya.

Dilanjutkan putra asli Kota Baturaja, OKU, Sumsel ini, kehadirannya bersama rombongan KNPI dan Ketua Yayasan Bunda Salamah ke kediaman Nek Solbiah ini, untuk memastikan kepada Nek Solbiah bahwa kediaman dia yang dihuninya saat ini akan dipilih untuk dilaksanakanny program bedah rumah.

“Kita datang benar-benar untuk memastikan apakah layak dibedah atau tidak. Setelah kami cek seluruhnya dari dalam maupun luar, memang rumah Nek Solbia sudah layak untuk dibedah,” tambahh Kang Ayi.

Nek Solbiah ini, sambung Kang Ayi, untuk memenuhi keperluan hidup sehari-harinya bergantung dengan berkebun dan menjual buah nanas yang ditanamnnya. Itu pun lahannya menumpang tanah milih tetangga.

Agar Nek Solbiah bisa merasakan hidup sehat di rumahhnya dan nyaman, rencana bedah rumah milik dia akan dilakukan KNPI Pangkalpinang tepat di hari H peringgatan Sumpah Pemuuda, 28 Oktober 2021 ini.

“Akan kami mulai renovasi pada hari Sumpah Pemuda nanti. Hari itu juga bertepatan dengan satu tahun kepengurusan DPD KNPI Pangkalpinang periode kepemimpinan saya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bunda Salamah, Ernawati, menyampaikan, Nek Solbiah adalah salah satu masyarakat kurang mampu Kota Pangkalpinang yang tercatat dalam yayasan mereka.

Dia juga masuk sebagai salah seorang yang selalu diprioritaskan bila ada bantuan yang akan disalurkan yayasan.

Ernawati menyambut positif program bedah rumah KNPI di kota Beribu Senyuman ini.

“Memang saat ini semua elemen harus bersatu padu membantu Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk mensejahterakan masyrakatnya. Kami Yayasa Bunda Salamah mengacungkan jempol dan apresiasi setinggi-tingginya dengan gebrakan Kang Ayi bersama KNPI-nya,” kata Ernawati. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.