by

Kisah Kanit Reskrim Polsek Ulu Ogan Nikahi Gadis Pujaan di Tengah Wabah Corona, Sudah Sebar 1000 Undangan Lalu Dibatalkan Untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Bripka Roni dan isterinya serta beberapa keluarga berfoto depan papan bunga bertuliskan terkait pencegahan corona

Beritatotal.com – Brigadir Kepala (Bripka) Roni Gunawan adalah satu dari sekian banyak pasangan yang menikah hari ini, Minggu (29/3), di tengah wabah virus corona.

Dalam situasi sekarang, dimana ada Maklumat Kapolri terkait larangan mengumpulkan massa/kerumunan, maka acara sakral polisi yang menjabat Kanit Reskrim Polsek Ulu Ogan tersebut hanya dilaksanakan sederhana saja.

Meski sederhana, hanya disaksikan 10 pasang mata saat acara ijab kabul, Bripka Roni tampak tak kuasa menahan haru bercampur bahagia.

Gadis pujaannya, Rusni SE (28), kini sah menjadi pendamping hidupnya. Ijab Kabul pernikahan dilaksanakan di kediaman orang tua mempelai perempuan, di Desa Karya Mukti, Unit 12, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU.

Penghulu akad nikah Bripka Roni – Rusni adalah Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sinar Peninjauan, H Andrianto SAg.

Kedua mempelai maupun penghulu dan saksi serta 10 pasang mata yang hadir di ruangan akad nikah, semuanya mengenakan masker dan sarung tangan.

“Sesuai surat edaran kementrian agama tadi yang ada dalam ruangan cuma 10 orang. Kami semuanya mengenakan masker dan sarung tangan. Alhamdulillah akad nikahnya berjalan lancar,” kata Bripka Roni.

Setelah acara akad nikah, dia dan isterinya pun mendapat ucapan saja tanpa salam-salaman dari tetangga terdekat dan beberapa keluarga.

Ada yang menarik di luar rumah yang tidak tampak seperti ada acara sakral pernikahan selazimnya sebelum wabah corona.

Panitia acara kecil-kecilan ini dimotori Ismail dan Aceng membuat papan bunga yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus corona.

Bripka Roni dan isterinya berfoto depan papan bunga bertuliskan terkait pencegahan virus corona

Papan bunga tersebut dipasang di halaman rumah yang punya hajat dengan tulisan “BERSAMA KITA BISA LAWAN CORONA JAGA KEBERSIHAN”. Tertulis juga yang mengirim yaitu “KAMI YANG PERDULI”.

Di depan papan bunga disediakan galon air dan sabun cair untuk mencuci tangan. Mereka pun bersama pengantin berfoto di sekitar papan bunga dengan menggunakan masker. Selanjutnya ada pula tamu datang mengucapkan selamat tanpa bersalalaman dan langsung pulang.

Bripka Roni dan isteri pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dengan sering-sering mencuci tangan untuk menghindari pencemaran virus corona.

Bripka Roni dan isteri mencuci tangan dengan sabun cair untuk mencegah virus corona

“Terima kasih Komandan Saya Pak Kapolres OKU, Pak Kapolsek Ulu Ogan dan Kapolsek Sinar Peninjauan yang telah turut mengundang atas izin dan bantuannya sehingga acara pernikahan kami bisa berlangsung sesuai jadwal,” kata Bripka Roni.

Atasan Bripka Roni, Kapolsek Ulu Ogan, Iptu Eddi Hernata, menjelaskan, dirinya sudah melaporkan ke Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH jika pernikahan anggotanya telah dilangsungkan Minggu pagi ini.

Selain melaporkan akad nikah yang sederhana tapi tidak mengurangi rukun dan syaratnya, menurut Iptu Eddi telah dilaporkan juga bahwa Bripka Roni dan keluarga isterinya telah membatalkan rencana resespi yang berisi sejumlah hiburan.

“Tadinya sudah dijadwalkan akan ada acara resepsi dan hiburan setelah akad nikah. Undangan yang sudah disebar sebanyak 1000 undangan. Itu sudah tersebar jauh hari sebelum maklumat Pak Kapolri,” ceritanya.

Dengan adanya atensi dari atasannya tersebut perihal untuk tidak mengadakan acara yang berpotensi mengumpulkan orang banyak/kerumunan, maka kata Iptu Eddi, pihak keluarga langsung melakukan rapat untuk membahasnya.

“Diputuskan acara hiburan dibatalkan dan hanya akad nikah saja sesuai aturan yang ada dalam kondisi wabah corona saat ini,” jelasnya.

“Undangan yang sudah disebar pun diinformasikan pihak keluarga kepada penerimanya bahwa acara resepsi dibatalkan serta akad nikah hanya sederhana saja tanpa mengundang banyak orang,” pungkasnya. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.