by

Kisah Ir Helman, Mantan Pasien Corona No 01 OKU atau No 03 se Sumsel, Dari Diisukan Meninggal Sampai Agar Keluarganya Diusir

Beritatotal.com – Wabah virus corona diketahui masuk di Sumsel sekitar akhir Maret 2020. Salah satu pasien “angkatan” pertama yang diisolasi di RSMH Palembang adalah mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten OKU, Ir Helman.

Dia tercatat sebagai pasien covid-19 Sumsel kasus Nomor 03. Diketahui, Kasus 01 dan 02 Sumsel keduanya dinyatakan meninggal saat masih berstatus Pasien Dalam Perawatan (PDP) suspect corona, di RSMH Palembang. Satu asal Kota Prabumulih dan satunya lagi dari Kota Palembang.

Ir Helman sendiri kemudian menjadi pasien postif corona yang terus menjalani masa isolasinya setelah meninggalnya dua PDP yang kemudian hasil swabnya dinyatakan positif corona itu.

Awalnya Ir Helman berobat sendiri ke RS Siloam Palembang pada 24 Maret 2020 dan tenaga medis disana mendapati tanda-tanda gejala covid-19 pada kesehatan dia. Lalu pada malam harinya dia langsung di rujuk ke RSMH Palembang dengan status PDP suspect corona.

Pada tanggal 30 Maret 2020 masyarakat OKU gempar karena beredar di pesan berantai pemberitahuan dari Dinkes Sumsel soal Ir Helman dinyatakan positif covid-19. Dan pesan tersebut ternyata benar.

Pesan berantai tersebut sangat merugikan keluarga Ir Helman. Hingga Ir Helman sempat mendengar kabar diluar sana dia sudah diisukan meninggal dunia.

“Sampai ada yang mengatakan saya meninggal. Ada juga yang ngomong usir saja keluarga itu (keluarganya, red). Karena masyarakat mengganggap penyakit corona ini aib. Alhamdulilah sekarang saya sudah dinyatakan sehat dan bisa beraktifitas normal lagi,” katanya saat diwawancarai beritatotal.com di kediamannya di Desa Air Paoh, baru-baru ini.

Lebih kurang satu bulan Ir Helman diobservasi dengan penanganan medis sesuai protokol kesehatan covid-19. Sampai akhirnya Ir Helman sudah dinyatakan sembuh dan kini telah selesai menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Berikut video kisah Ir Helman, mantan Pasien Corona No 01  OKU atau No 03 se Sumsel:

(djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.