by

Ketua DPRD Janji Pimpin Langsung Demo Gubernur

Beritatotal.com – Janji pemuda yang tergabung dalam OKP dan Ormas se Kabupaten OKU Timur untuk membawa massa dalam jumlah banyak, menyampaikan aspirasi dan tuntutan ke Pemkab OKU Timur benar-benar dibuktikan.

Setelah dicemooh hanya segelintir pemuda saja yang menggeruduk Gedung DPRD setempat pagi harinya, aksi mereka lanjutkan dengan jumlah massa yang lebih besar lagi. Ratusan pemuda berasal dari 40 OKP dan Ormas disini menggeruduk Kantor Pemkab OKU siang harinya, Selasa (2/5), pukul 11.00 WIB hingga jam dua siang.

Desakan mereka di Kantor DPRD OKU Timur agar wakil rakyat setempat ikut dalam aksi pun membuahkan hasil. Meski hanya diwakilkan tiga orang, wakil rakyat OKU Timur ikut menjadi bagian dalam aksi marathon dan terbesar sejak OKU Timur dipimpin Kholid Mawardi.

Massa yang lebih dulu sampai di Pemkab OKU Timur silih berganti melakukan orasi. Semangat para pemuda pendemo ini makin membara di terik matahari siang, saat tiga perwakilan DPRD OKU Timur datang memenuhi janjinya untuk bergabung.

Ketiganya, Beni Defitson (Ketua DPRD), Fenus Antonius (Ketua Komisi IV yang juga Ketua KNPI OKU Timur), dan Sugeng (Anggota DPRD)

Bukan hanya hadir untuk menyimak tuntutan massa pendemo yang sebagian besar masi muda-muda ini. Ketiganya juga tak segan mengambil pengeras suara untuk berorasi singkat.

Beni Defitson menyampaikan, dirinya sepaham apa yang dilakukan pemuda OKU Timur ini dalam berjuang menuntut perbaikan jalan provinsi yang ada disini. Dia pun akan mengawal sampai aspirasi ini membuahkan hasil. Termasuk akan membawanya ke Pemerintah Provinsi Sumsel langsung dengan menemui Gubernur Alex Noerdin.

“Jika ini tidak diindahkan, maka kami sendiri yang akan turun memimpin demo selanjutnya ke provinsi,” tegas Beni Defitson.

Sementara itu, Fenus merespon aksi ini baik selaku wakil rakyat maupun Ketua KNPI OKU Timur. Makanya saat hadir Fenus tampak mengenakan seragam KNPI. Dia meminta kepada Bupati OKU Timur mendesak Pemerintah Provinsi Sumsel agar jalan-jalan provinsi di sini diperhatikan.

Sementara, Sugeng, menyebut aksi ini merupakan bukti nyata dari protes masyarakat yang sudah cukup lama mendambakan mulusnya jalan Belitang, Mulai dari BK (Belitang Kilometer) 0 sampai BK 30. “Semoga aksi ini didengar pemerintah provinsi,” kata Sugeng.

Setelah melakukan orasi bergantian, Pemerintah OKU Timur kemudian menerima perwakilan mereka untuk menemui Bupati Kholid di Ruang Bina Praja. Dari ratusan massa tersebut hanya 25 orang saja yang diperkenankan masuk.

Kepada Bupati, perwakilan pendemo menyampaikan tiga tuntutan. Yakni, meminta percepatan perbaikan jalan dari BK 0 – BK 30 menuju Belitang, mminta fasilitasi angkutan untuk OKP Dan ORMAS menghadap gubernur, dan meminta kepada petugas untuk mengawasi kendaraan yang melebihi Tonase yang melintas di Jl Kecamatan Bunga Mayang pada malam hari.

Bupati Kholid menanggapi dan bersama perwakilan pendemo menyepakati tiga poin. Yakni penimbunan jalan yang disumbang DRPD OKU Timur sebayak 25 truk akan ditambah 100 truk dari Pemkab OKU Timur.

Kemudian akan ditindaklanjuti kepada para pengusaha di wilayah OKU Timur untuk dapat berkontribusi. Dan terakhir pelaksanaan perbaikan baik penimbunan jalan adalah tanggung jawab bersama. (jeff)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.