by

Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Pangkalpinang Dipuji Menteri Yaqut

Beritatotal.com – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas meresmikan pencanangan Kelurahan Sadar Kerukunan di Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Rabu (15/3/2023).

Selain itu di tempat yang sama Menteri Yaqut meletakkan batu pertama pembangunan Vihara Tseng Te. Ia didampingi Pj Gubernur Bangka Belitung, Sekda Kota Pangkalpinang Mie Go, Forkopimda Bangka Belitung dan Pangkalpinang.

Tampak hadir dari Kementerian Agama Bangka Belitung, Kementerian Agama Pangkalpinang, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan organisasi agama.

Menteri Yaqut menuturkan Indonesia ada di Bangka Belitung. Yang dia maksudkan itu keberagaman agamanya dan toleransi masyarakat Bumi Serumpun Sebalai.

“Di sini saya lihat foto yang ditunjukkan pak Pj Gubernur rumah ibadahnya saling berdampingan. Saya kira sukar ditemui kalau bukan di Bangka Belitung,” tutur Yaqut.

Dia berharap kerukunan ini dapat terjaga dengan baik. Menurutnya Lurah Bacang harus mampu menjaga keberagaman di wilayah ini. Menjaga perdamaian, harmoni dan keberagaman umat beragama.

Yaqut juga mengapresiasi Lurah Bacang yang melakukan tugasnya dengan baik dalam menjaga kerukunan.

“Kalau lihat Bacang seperti ini tugas Kementerian Agama sudah bisa dilakukan dengan baik oleh lurah. Semoga bisa menjadi inspirasi tempat lain agar bisa meniru Kelurahan Bacang,” sambungnya.

Yaqut mengatakan, pencanangan kelurahan sadar kerukunan yang didatanginya langsung ini terdapat kebahagiaan yang sayang jika dilewatkan.

Pasalnya di Kelurahan Bacang memiliki masyarakat dengan latar belakang agama, rumah ibadah lengkap dan suku yang beragam. Sehingga sangat disayangkan jika melewati momentum ini.

“Ini lah Indonesia memiliki keberagaman. Harus dirawat dengan baik,” pinta Yaqut. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.