by

Keren, Bunda PAUD OKU Selatan Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Beritatotal.com – Sebuah prestasi membanggakan tingkat nasional kembali disabet Kabupaten OKU Selatan.

Kali ini prestasi yang turut mengangkat dan mengharumkan daerah pimpinan Bupati Popo Ali Martopo, B.Com tersebut, ditorehkan Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo.

Penghargaan yang berhasil disabet Isyana Lonetasari Popo selaku Bunda PAUD yang dipersembahkannya kepada kabupaten yang dunia pariwisatanya makin dilirik dunia ini, berupa Predikat Wiyata Dharma Utama.

Adalah Kemendikbudristek atas nama Pemerintah Republik Indonesia yang menganugerahkan penghargaan prestisius bagi Kabupaten OKU Selatan kali ini.

Predikat Wiyata Dharma Utama diterima pemerintah Kabupaten OKU Selatan itu melalui sosok Bunda PAUD Isyana Lonetasari Popo, yang diserahkan langsung Direktur PAUD Kemendikbudristek, Komala Sari, M. Pd saat berkunjung ke Kabupaten OKU Selatan,  Rabu (07/12/2022).

Komala Sari mengatakan, penghargaan yang diberikan tersebut  merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas masyarakat melalui proses pembelajaran satuan PAUD

“Dalam Rencana Strategis 2020-2024 Kemendikbudristek telah menetapkan PAUD sebagai salah satu tujuan strategis,  dengan berfokus kepada peningkatan akses PAUD, terutama pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam PAUD dan  pemberdayaan peran swasta dalam penyelenggaraan PAUD Berkualitas,” katanya.

Menurutnya, PAUD berkualitas adalah satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh dan siap bersekolah.

Ia juga  menyampaikan selamat kepada Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan atas prestasi yang telah diraih.

‘Semoga melalui pemberian penghargaan ini menjadi penambah semangat, motivasi serta kinerja Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD untuk menghadirkan PAUD berkualitas, terjangkau dan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di OKU Selatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., mengapresiasi Bunda PAUD OKU Selatan yang telah mengharumkan daerah ini. Popo pun berterimakasih kepada Kemendikbudristek yang telah memberikan penghargaan tersebut.

“Pengharggaan ini tentunya sangat kami  apresiasi dan terima kasih kami kepada pihak Kemedikbudristek. Ini merupakan tanggungjawab besar dan harapannya ke depan tentu akan lebih baik dan bagus sehingga bisa bermaafat,” katanya.

Dikatakan Popo, apresiasi penghargaan ini adalah kolaborasi dari semua pihak dan dukungan dari Pokja PAUD PKK, yang telah bekerja baik secara organisasi dan memberikan kontribusi kemasyarakatan atas pelayanan-pelayanannya.

“Tujuan akhirnya adalah membentuk manusia yang super di OKU Selatan, kami berharap Dinas Pendidikan lebih merinci lagi penghargaan ini sehingga ke depan kita bisa lebih baik lagi dalam mengakomodir anak-anak usia dini yang butuh perhatian lebih, di setiap kecamatan-kecamatan yang ada di OKU Selatan,” harap Bupati Popo.

“Saya ucapkan selamat kepada Bunda PAUD yang telah menerima penghargaan, semoga kita bersama dapat memajukan PAUD yang ada di OKU Selatan, sehingga mendukung peningkatan SDM di Kabupaten OKU Selatan ke depan,” katanya.

“Semoga penghargaan ini menjadikan kami terus semangat dalam melaksanakan tugas serta amanah yang diberikan, sehingga cita-cita mewujudkan PAUD Berkualitas di Kabupaten OKU Selatan bisa selalu tercapai,” imbuhnya.

Terkait penghargaan ini, Bunda PAUD OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo menyebut apresiasi merupakan motivasi yang menjadikannya untuk berproses menjadi lebih baik, lebih kreatif dan inovatif.

“Itu harapan utamanya, terlebih untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten OKU Selatan, karena pemberian apresiasi Bunda PAUD ini merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui Apresiasi Bunda PAUD,” ujarnya.

Dikatakannya, ini merupakan suatu kebanggaan khususnya Kabupaten OKU Selatan.  Karena disebut Isyana penghargaan ini merupakan hasil kerjasama. Kemudian, lanjut Isyana, salah satu tujuan PAUD adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik, mandiri, cerdas dan berakhlak mulia sejak dini.

“Maka dari itu, kita berupaya untuk mewujudkan visi misi Kabupaten OKU Selatan yang maju dan terdepan di mana putra-putrinya bersumber daya manusia yang cerdas, tertib dan tentu mempunyai visi misi yang luas untuk Kabupaten OKU Selatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, setelah pemberian penghargaan Predikat Wiyata Dharma Utama kepada Bunda PAUD OKU Selatan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke TKN Percontohan sekaligus menyapa anak-anak dan bermain bersama anak-anak di TKN Percontohan Kabupaten OKU Selatan oleh Direktur Paud Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, berserta Bunda PAUD Kabupaten OKU Selatan.

Apresiasi Bunda PAUD ini juga turut dihadiri Wakil Bupati OKU Selatan, FKPD, Ketua GOW, Kepala BPMP Prov Sumsel, Staf Ahli, Para Asisten, Kakan Menag, Ka Lapas Muaradua, Kepala BPS, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.