by

Kepsek dan Pengawas Harus Kompak Tuntaskan Wajar 12 Tahun, 2023 Launching Wajar 15 Tahun

Beritatotal.com – Baru-baru ini Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Disdik Sumsel) menggelar Rapat  Pembinaan Awal tahun 2021. Rapat digelar menerapkan protokol kesehatan standar covid-19 yang ketat di Aula SMK Negeri 3 Palembang.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Kepala Disdik Sumsel Riza Fahlevi, Sekretaris Dinas, para Kepala Bidang di Lingkungan Disdik setempay, Kepala UPTD, para Kepala Seksi, dan  seluruh Kepala Sekolah (kepsek), Pengawas, serta Ketua MKKS provinsi dan MKKS kabupaten/kota se Sumsel.

Plt Kadisdik Sumsel Riza Fahlevi mengatakan, mendukung visi dan misi  Gubernur Sumsel H Herman Deru tahun 2019-2023 “Sumsel Maju Untuk Semua”, dirinya memiliki program bagiamana meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Mengingat APK 12 tahun saat ini sebesar  81,78 persen. Artinya menurut Riza program ini  belum tuntas.

“Kedepan akan kita targetkan APK 12 tahun tuntas di tahun 2022. Artinya pada tahun 2023 anak-anak minimal tamat SMA sederajat. Sehingga pada tahun 2023 akan kita  launching wajib belajar selama  15 tahun,” katanya.

Tujuannya adalah  agar anak-anak bisa lulus menempuh masa pendidikannya minimal Diploma III (D III). Kalau APK tuntas 12 tahun, semua anak minimal tamat SMA sederajat, bahkan masuk perguruan tinggi dengan program wajib belajar (Wajar) satu tahun.

“Dengan mengusung program tersebut  artinya kita dapat  meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel,” tambah Riza Fahlevi.

Untuk mencapai APK 12 tahun tuntas 100 persen, Riza menekankan kepsek dan pengawas perlu meningkatkan sinergitas.

Dikatakannya,  tanpa adanya koordinasi antara guru, kepsek dan pengawas  tidak akan tercapai suatu program yang sudah dicanangkan dan dsepakati bersama.

Dengan adanya koordinasi semua pihak  Insya Allah katanya lagi visi dan misi gubernur yaitu “Sumsel Maju Untuk Semua” dapat dicapai dengan mudah  di dunia pendidikan ini.

Karena semakin tingginya jenjang pendidikan yang ada saat ini, maka akan mengurangi angka  pengangguran yang tinggi.

Lebih lanjut Riza Fahlevi menjelaskan, untuk mewujudkan visi dan misi Gubernur harus dibangun kekompakan antara semua pihak. Dirinya mengajak seluruh jajaran Disdik Sumsel   menjaga  kekompakan di dalam menjalankan tugas pokok, fungsi, serta  melakukan komunikasi dan konsultasi. (dre)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.