by

Kapolres OKU Peduli Korban Banjir, Salurkan Beras Untuk Puluhan Kepala Keluarga

Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH didampingi Kapolsek Baturaja Barat AKP Marwan menyerahkan bantuan beras kepada perwakilan warga terdampak banjir, Minggu (14/6)

Beritatotal.com – Meluapnya Sungai Lengkayap dan Sungai Ogan bersamaan sejak Jumat 12 Juni 2020 lalu, menyebabkan banyak rumah penduduk, kebun, hingga jalan tergenang air.

Akibatnya, banjir tersebut cukup merepotkan warga dan aparat terkait. Disamping ada warga yang harus mengangkut perabotan rumah tangganya ke tempat yang aman, arus lalu lintas yang terganggu, sampai petugas harus begadang keliling perkampungan yang tergenang banjir.

Lalu kejadian terbaru seorang balita berusia 10 bulan tewas karena hanyut terseret arus banjir di Desa Kepayang, Sabtu sore (13/6) pukul 17.00 WIB, yang jasadnya ditemukan tersangkut di akar Minggu dinihari (14/6), pukul 02.00 WIB.

Kondisi tersebut menggugah hati Kapolres OKU AKBR Arif Hidayat Ritonga SIK MH. Kapolres mengajak selurh Pejabat Utama (PJU) di lingkungan Polres OKU melakukan gerak cepat (gercep) pascabanjir.

Setelah sebelumnya di saat banjir masih melanda cukup besar, anggotanya di polsek-polsek sudah lebih dulu berjibaku di lapangan mengendalikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Seperti di wilayah Polsek Baturaja Barat dan Polsek Peninjauan.

Gercep Kapolres OKU peduli warga terdampak banjir dengan menyalurkan beras kepada puluhan kepala keluarga (KK) yang ada di Kecamatan Baturaja Barat.

Minggu pagi 14 Juni 2020 pukul 08.30 WIB, bertempat di halaman MTs Desa Batu Putih, AKBP Arif bersama jajarannya menyalurkan 76 karung beras isi 10 Kg untuk 76 KK yang tersebar di empat desa/kelurahan.

Masing-masing 11 KK di Kel Tanjung Agung, 27 KK di Desa Laya, 28 KK di Desa Batu Putih, dan 10 KK di Desa Suka Maju.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kapolres langsung kepada perwakilan KK terdampak banjir.

“Pemberian bantuan kepada warga terdampak banjir ini merupakan bentuk kepedulian Polri agar dapat meringankan sedikit beban mereka,” ujar AKBP Arif, Minggu (14/6).

Setelah dilakukan penyerahan simbolis oleh Kapolres diikuti sejumlah beberapa PJU Polres OKU dan pemerintah setempat sebanyak 20 karung, sisanya dibagikan aparat Polsek Baturaja Barat ke rumah-rumah warga terdampak banjir tersebut.

“Bantuan beras dari Pak Kapolres untuk warga terdampak banjir di wilayah hukum Polsek Baturaja Barat semuanya sudah kita salurkan. Saat ini situasi sudah normal kembali. Tapi kita tetap minta agar warga yang lingkungannya rawan banjir untuk waspada,” tambah Kapolsek Baturaja Barat AKP Marwan.

Dijelaskan AKP Marwan, warga yang menerima perhatian Polri melalui Kapolres OKU tersebut diantaranya Agus Roni (46), Ardin (44), Zainal (61), Sukmi (67), dan Heri Susanto (42).

Lalu, Aditya Irawan (32), Zahruddin (47), Sangkut Pribadi (26), Rusman (38), dan Yariudin (50).

“10 warga tersebut diantaranya yang paling parah rumahnya terendam banjir pada hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 lalu,” pungkas AKP Marwan. Sekarang sudah normal dan air sungai sudah mulai menyurut,” pungkas AKP Marwan. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.