by

Kabupaten OKU Siaga Serangan Harimau dan Bencana Alam

Bupati OKU dan Kapolres mengecek peralatan penanganan bencana

Beritatotal.com – Potensi datangnya bencana alam yang waktunya tidak bisa diprediksi seiring musim penghujan, diperlukan kesiapsiagaan dan sinergitas semua pihak terkait.

Apalagi sudah banyak contohnya di berbagai daerah karena cuaca buruk dan guyuran hujan deras terjadi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan sebagainya.

Penanggulangan bencana alam tersebut bukan saja harus disandarkan penuh kepada pemerintah. Semua pihak menjadi elemen penting dalam hal ini. Masyarakat diharapkan menjadi garda terdepan jika terjadi hal-hal demikian.

Maka itu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyatakan siaga penanggulangan bencana alam di daerah ini. Ditandai Gelar Apel Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penangulangan Bencana Alam di OKU Tahun 2020, di Halaman Mapolres OKU (Selasa, 07/01/2020).

Apel dipimpin langsung Kapolres OKU AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH dihadir Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Ratusa personil gabungan dilibatkan dalam apel ini menandakan kesiagaan penanganan bencana alam nantinya melibatkan semua unsur.

“Pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh Pemkab, TNI-Polri bersama-sama dengan instansi terkait sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana di tahun 2020,” kata Bupati Kuryana Azis.

Disampaikan Ia, bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. Karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar-lintas pemangku kepentingan.

Sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi.

Kuryana juga menyinggung perihal kemunculan Harimau Sumatera yang telah menelan korban jiwa. Seperti terjadi di Lahat, Pagar Alam, dan Muara Enim. Kondisi tersebut menurut Kuryana tentu saja sangat mengkhawatirkan terutama bagi masyarakat.

Dan di Kabupaten OKU pun pihaknya memperoleh informasi minggu lalu ada ancaman harimau liar sudah muncul.

“Untuk itu saya Bupati OKU mengintruksikan kepada para camat dan kepala desa beserta perangkat TNI-POLRI d itingkat kecamatan agar neningkatkan koordinasi pemantauan terhadap potensi munculnya harimau liar ke arah pemukiman dan perkebunan penduduk,” tegas Kuryana.

Bupati OKU meminta seluruh aparat selalu siap siaga dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam.

Bupati, Kapolres dan pejabat penting lainnya kemudian meninjau peralatan-peralatan untuk membantu penanganan bencana alam, obat-obatan pertolongan pertama, dan lain sebagainya.

Diakhir kegiatan dilaksanakan penanamam pohon untuk penghijauan oleh Kapolres OKU di lingkungan markasnya sebanyak 202 batang.

Kemudian untuk masing-masing polsek bersamaan turut menanam sebanyak 50 batang. Terdiri dari berbagai jenis pohon buah-buahan diantaranya mangga, durian, jambu, kelengkeng, nangka dan  jeruk. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.