by

Jejak Bukti Awal Ras Australomelanesid Ada di Gua Harimau

BeritaTotal.com – Peneliti Pusat Penelitian Agreologi Nasional, Adhi Agus Oktaviana mengatakan, Gua Harimau yang terletak di Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki keistimewahan.

Gua Harimau kata Adhi kepada wartawan kemarin, merupakan situs gua prasejarah di Sumatera yang memiliki tinggalan arkeologis cukup lengkap mulai dari 22.000-2000 tahun yang lalu.

“Situs gua prasejarah dengan temuan kubur yang sangat banyak (lebih dari 81 individu) dengan sistem dan posisi penguburan yang sangat bervariasi yang berasal dari budaya neolitik yang berlanjut hingga paleometalik,” katanya.

Ia menambahkan di Gua Harimau ditemukannya jejak atau bukti awal ras Australomelanesid yang hidup berdampingan dengan ras Monggoloid (dapat menjadi cermin keberagaman dan toleransi). Tempat pertama kali gambar cadas ditemukan di Sumatera (2009).

Ia menambahkan, adanya bukti-bukti penghunian di gua yang berasal dari akhir masa plestosen (22.000 tahun yll) sehingga dapat mengisi awal prasejarah Sumatra.

“Situs yang diteliti dengan melibatkan berbagai bidang ilmu (multidisiplin) sehingga bisa dikembangkan menjadi pusat study atau laboratorium lapangan. Gua Harimau ini bisa menjadi kebanggaan daerah maupun nasional,” katanya.

Disamping itu ia menjelaskan saat ini menanti Museum yang sedang di Bangun. Jika semua sudah siap  tinggal menempatkan hasil-hasil penelitian Gua Harimau dan gua-gua lainnya yang sudah dilakukan penelitian.

”Penelitian Gua Harimau akan kita lanjutkan tahun-tahun berikutnya. Kemungkinan tahun depan penelitian akan kita lanjutkan,” jelasnya.(bar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.