by

Ipda Indra Gunawan Bertemu Ibu Muda Pecah Ketuban Akan Melahirkan dalam Mobil Mogok Saat Patroli Penyekatan, Langsung Bawa ke RSUD demi Selamatkan Nyawa  Ibu dan Bayi

Beritatotal.com – Tindakan kemanusiaan yang dilakukan Ipda Indra Gunawan, Kanit Binmas Polsek Lubuk Batang, benar-benar menyentuh hati dan layak diberi apresiasi setinggi-tingginya.

Bermaksud berpatroli di hari libur bagi masyarakat umum,  Minggu, 16 Mei 2021, menjalankan tugas memimpin Pos Penyekatan antisipasi lonjakan arus balik lebaran, dalam Operasi Ketupat Musi 2021 di salah satu Pos Penyekatan wilayah hukum Polres Ogan Komering Ulu (OKU), di tengah jalan bertemu mobil mogok didalamnya seorang ibu muda tengah bertaruh nyawa hendak melahirkan.

Perwira pertama (Pama) polisi ini tidak pikir panjang lagi. Jiwa kemanusiannya untuk saling membantu sesama langsung bangkit. Terlebih ibu muda tersebut sudah pecah air ketuban dalam mobil yang mogok ditumpangi dia.

Ipda Indra Gunawan pun langsung meminta si ibu dan suaminya untuk pindah ke mobil yang dibawanya berpatroli. Akhirnya, ibu muda yang sudah terlihat kepayahan karena menahan sakit hendak melahirkan, bisa melanjutkan perjalanan ke rumah sakit.

Berdasarkan keterangan Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH, melalui Kapolsek Lubuk Batang AKP Harianto didampingi Kasubbag Humas Polres OKU, menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Talang Nangka, Desa Kurup Kec. Lubuk Batang Kab. OKU, Minggu, 16 Mei 2021, sekira Jam 15.00 WIB.

“Saat kejadian Ipda Indra Gunawan sedang melaksanakan Operasi Ketupat Musi 2021, sebagai Kepala Pos Penyekatan Simpang Kandis Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang,” kata AKP Harianto.

Dijelaskan, saat itu Ipda Indra Gunawan sedang melaksanakan patroli, ketika melintas di Dusun Talang Nangka Desa Kurup Kec. Lubuk Batang Kab. OKU, melihat ada kendaraan yang sedang mogok. Lalu Ipda Indra Gunawan turun dari mobil dan menanyakan kepada sopir dan dijawab bahwa mobil mereka mogok.

“Ketika Ipda Indra Gunawan melihat kedalam mobil, ternyata ada ibu-ibu yang akan melahirkan. Kondisinya sudah pecah ketuban dan mengeluarkan darah. Dalam mobil mogok itu juga ada nenek-nenek serta Bidan Desa Gunung Meraksa. Lalu Ipda Indra Gunawan mengajak keluarga tersebut bersama bidan desa untuk segera melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobilnya,” terangnya.

Akhirnya Ipda Indra Gunawan membawa keluarga itu ke RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Setibanya di RS, Ipda Indra Gunawan bersama bidan desa segera mendaftarkan pasien untuk dapat diberikan pertolongan.

“Perjalanan dari lokasi mogoknya mobil ke RSUS memakan waktu 45 menit. Normalnya 20 menit, tapi karena membawa orang yang mau melahirkan jadi jalannya pelan,” pungkasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, belum diperoleh informasi siapa nama ibu muda yang dibantu Ipda Indra Gunawan tersebut. Portal ini juga sudah menghubungi beberapa pejabat RSUD Ibnu Sutowo, tapi belum diperoleh data tentang nama si ibu dan bagaimana kondisinya terkini. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.