by

Ini Lho Profil AKBP Arif Hidayat Ritonga Kapolres OKU Yang Besok Dilantik Kapolda Sumsel Gantikan AKBP Tito

AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH

Beritatotal.com – Pada 3 Februari 2020 lalu jabatan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ogan Komering Ulu (OKU) alami pergantian. 

Pucuk pimpinan Polres OKU tersebut tertuang dalam surat telegram (ST) Kapolri Jendral Pol Idham Aziz , Nomor ST / 388 / II / KEP./2020.

Tercantum pejabat lama AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH dimutasi ke Yanma Mabes Polri.

Penggantinya ditunjuk AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK yang sebelumnya menjabat Kanit IV Ditreskrimsus Polda Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Portal ini, AKBP Arif merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1999.

Perwira menengah (Pamen) penyandang tanda kepangkatan dua melati di pundaknya ini, telah mengikuti Sespim (Sekolah Pimpinan) Angkatan 58 Tahun 2018.

Direncanakan serah terima jabatan (sertijab) antara AKBP Arif kepada AKBPT Tito akan diselenggarakan Jumat (21/2), di Mapolda Sumsel dimulai pukul 07.00 WIB.

“Saya sudah di Palembang dari kemarin (19/2, red). Tadi siang sudah menghadap ke Polda. Insya Allah besok pagi sertijabnya. Mohon doanya ya,” ujar AKBP Arif saat dikonfirmasi Portal ini melalui nomor selulernya, Kamis (20/2).

Dijelaskan AKBP Arif, usai sertijab seyogyanya akan langsung digelar lepas sambut pejabat lama dan baru di Mapolres OKU pada Sabtunya.

“Rencananya sih acara lepas sambut diagendakan hari Sabtu. Tapi Pak Kapolda ada acara di Mako Brimob Polda Sumsel sehingga ditunda lepas sambutnya karena saya juga akan ikut rombongan Pak Kapolda,” jelasnya.

Usai mengikuti rangkaian acara Kapolda Sumsel di Palembang ke Mako Brimobda Polda Sumel, sambung AKBP Arif, dijadwalkan acara pisah sambut atau lepas sambut digelar pada Senin 24 Februari 2020.

Sebelum diamanahkan untuk menjabat Kapolres OKU, pamen Polri kelahiran tahun 1976 tersebut lama bertugas di lingkungan Polda Riau selama 10 tahun. Pertama kali lulus Akpol, AKBP Arif ditempatkan di Provisi Jambi.

Kepada Beritatotal AKBP Arif mengaku tidak pernah menyangka akan diberi amanah tersebut. Namun sebagai prajurit Polri sudah tentu dirinya siap ditempatkan dimana saja.

Diterangkan Ia, pertama kali tahu dirinya ditunjuk untuk menjadi Kapolres OKU setelah diberitahu temannya. Saat itu AKBP Arif kaget ketika ditelepon temannya memberi ucapan selamat.

“Waktu itu habis sholat Isya. Mau tidur ada yang telepon sekitar jam 22.00 WIB ngucapin selamat. Kagetlah bro saya. Begitu tahu memang benar ada TR Pak Kapolri saya ditunjuk sebagai Kapolres OKU langsung saya banguni isteri,” cerita AKBP Arif.

AKBP Arif memiliki sepasang anak dari isterinya bernama Anggi Aggrian.

“Saya kelahiran Medan dan isteri lahir di Subang Jawa Barat,” terangnya.

Sebelum dipromosikan menjadi Kapolres OKU, jabatan AKBP Arif adalah Kasubdit I Dit Reskrimsus Polda Jabar. Dia menjabat di posisi tersebut dari 26 Oktober 2018 hingga 6 Januari 2020.

Sebelumnya berturut-turut AKBP Arif pernah menjabat Wakapolres Siak (Riau) dari April 2012 hingga Juli 2013.

Kasubbid Paminal Bid Propam Polada Riau dari Juli 2013 hingga Juli 2014, menjabat Wakapolres lagi di Polres Dumai Polda Riau dari Juli 2014 hingga September 2015, lalu Kasubdit Waster Dit Pam Obvit Polda Riau dari September 2015 hingga Mei 2016.

Selanjutnya menjabat Kasubdit 2 Dit Krimsus Polda Riau dari Mei 2016 sampai Desember 2017, kemudian selama hampir 10 bulan atau sejak 31 Desember 2017 ditugaskan sebagai Kabag Wasidik Dit Narkoba Polda Riau.

Baru kemudian dimutasi lagi Kasubdit I Dit Reskrimsus Polda Jabar jabatan terakhirnya sebelum promosi jadi Kapolres OKU. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.