by

Herman Deru Akui Ada Peningkatan Perekonomian dari Idul Fitri Sebelumnya

Beritatotal.com – Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H / 2023 M dirasakan berbeda seluruh umat muslim dari dua tahun sebelumnya. Dimana tahun ini pemerintah telah membolehkan masyarakat beragama Islam untuk melaksanakan Salat Ied berjamaah di masjid, lapangan dan tempat-tempat umum lainnya yang layak untuk digelarnya Salat Ied berjamaah.

Demikian juga mudik lebaran, open house, dan silaturahmi antarsesama di kampung-kampung terlihat sudah berjalan normal. Hal ini tak luput dari pantauan Gubernur Sumsel Herman Deru.

Ia mengakui suasana lebaran tahun ini sangat jauh berbeda dari dua tahun sebelumnya. Menurutnya ada keistimewaan dirasakan umat muslim khususnya di provinsi yang dipimpinnya, Sumatera Selatan.

Hal tersebut menjadi salah satu poin yang disampaikan Herman Deru ketika berpidato menjelang Salat Ied bersama di Masjid Agung Palembang, 22 April 2023.

Kata dia, tahun ini warga kembali dengan leluasa bisa mudik lebaran ke kampung halaman. Ini berdasarkan laporan yang Ia terima jika kendaraan mudik yang masuk Sumsel terbilang sangat banyak.

“Sampai kemarin (H-1, red) terpantau ada kurang lebih 7.000 kendaraan yang masuk ke Palembang. Ini menunjukan ada berbaikan dan peningkatan ekonomi dari Idul Fitri sebelumnya,” demikian disampaikan orang nomor satu di Bumi Sriwijaya saat itu.

Ia pun bersyukur karena kondisi tersebut terjadi setelah dicabutnya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), sehingga ada keleluasaan bagi masyarakat untuk beraktivitas baik itu ekonomi, sosial dan lainnya.

“Alhamdulilah berkat dicabutnya PPKM sehingga aktivitas masyarakat meningkat baik itu ekonomi, sosial dan lainnya,” terangnya.

Dalam pengendalian Inflasi lanjut Herman Deru Provinsi Sumsel sebagai Provinsi pengendali terbaik di Indonesia.

“Seperti kemarin (H-1, red) saya meninjau langsung ke pasar tidak ada lonjakan harga,” tuturnya.

Secara khusus juga Herman Deru menuturkan bahwa Pemprov Sumsel bersama kabupaten/kota sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki Infrastruktur hingga pemeliharaanya.

“Hal ini tidak lepas dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat atas tertibnya pembayaran pajak,” pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.