by

Herman Deru Ajak Kaum Ibu Kampanyekan  Pangan Beragam

Beritatotal.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan launching launching Dapur Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) diharapkan memberikan multiplayer efek bagi peningkatan kualitas pangan di Sumsel. Untuk mewujudkan itu Iapun mengandalkan peran kaum ibu dan perempuan.

Hal itu dikatakannya saat launching Dapur Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) mendukung Sumsel Mandiri Pangan Masyarakat Sumsel Sehat Aktif dan Produktif yang digelar di Hotel Swarna Dwipa Senin (20/3).

“Kedepan kita akan memiliki bonus demografi beberapa  dengan jumlah usia produktif terbanyak di dunia. Merekalah yang akan meneruskan semua estafet baik TNI, ASN dan lainnya,” jelasnya.

Karena itu pula Ia mengandalkan peran kaum perempuan utamanya para ibu untuk mengakampanyekan pangan beragam, bergizi dan berkualitas. Mulai dari pranikah, kehamilan harus sudah dilakukan bimbingan sebagai langkah memerangi stunting/gagal tumbuh demi menciptakan generasi yang aktif dan berkualitas.

“Jadi tepat sekali acara ini. Para ibu-ibu punya peran sangat besar menjadi teladan di tengah godaan banyaknya makanan cepat saji saat ini,” tuturnya.

Sementara itu selain  meningkatkan produksi pangan, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional,  Rina Syawal berharap Pemprov Sumsel menjamin masyarakat mengkonsumsi dengan benar. Sehingga masyarakat tidak hanya makan sekedar kenyang tapi berkualitas.
“Karena jika gizi tidak seimbang maka banyak penyakit yang muncul. Salah satu bukti pangan yang tidak beragam dan bergizi seimbang adalah stunting. Makanya Badan Pangan Nasional mengingatkan lagi soal penganekaragaman pangan untuk menjamin kualitas konsumsi masyarakat mulai dari pusat, provinsi hingga kab/kota,” jelasnya.

Dijelaskan Rina B2SA ini menyempurnakan program 4 sehat 5 sempurna. Dimana dalam B2SA ini pola konsumsi lebih digambarkan dengan lebih beragam termasuk takaran konsumi. Misalnya berapa banyak karbohidrat, protein dan sayur yang dibutuhkan untuk dikonsumsi.

Menurutnya selain pendidikan pemenuhan kebutuhan pangan berkualitas ini penting untuk mewujudkan manusia yang sehat, aktif dan produktif.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Herman Deru memberikan B2SA secara simbolis kepada sejumlah siswa sekolah dasar.

Kegiatan itu dibuka ditandai dengan penekanan handscreen oleh Gubernur Herman Deru didampingi Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan Badan Pangan Nasional Rina Syawal, Perwakilan TP PKK Provinsi Sumsel dan sejumlah tamu undangan lainnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.