by

Hasil Kunker Komisi 4 ke SMA Negeri 2 Sungai Selan, Siswa yang Ikut PPDB tak Mencapai Kuota

Beritatotal.com – Rombongan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel), dipimpin ketuanya, Jawarno, menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (22/07/2021).

Anggota komisi IV yang turut hadir antara lain Ranto Sendhu, Harianto, Marsidi, Toni Mukti dan Evi Junita. Mendampingi wakil rakyat Babel tersebut Kabag. Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD, Eko Sentosa.

Kedatangan rombongan disambut Wakil Kepala Sekolah Humas, Lasmita,S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Akademik, Asniati dan Wakasek Kesiswaan, Rachmad.

Dalam pertemuan yang berlangsung santai dan menerapkan protokol kesehatan tersebut, anggota dewan mengemukakan beberapa fenomena terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021 – 2022, yang sudah dilaksanakan belum lama ini.

Seperti Marsidi mempertanyakan kuota penerimaan di SMA Negeri 2 Sungai Selan ini apakah terpenuhi 100 %.

Sedangkan, Harianto mempertanyakan soal kuota afirmasi. Karena seperti di sekolah lain, yang kata dia pernah dikunjungi, masih banyak kuota jalur ini yang belum terpenuhi.

Lalu Jawarno mengatakan hasil dari pertemuan ini nantinya akan ditindaklanjuti pihaknya dengan berkoordinasi Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan.

“Jika ada permasalahan yang perlu disampaikan, pihak sekolah juga jangan sungkan datang ke kami,” katanya.

Sementara itu, Selaku Ketua PPDB SMA Negeri 2 Sungai Selan Tahun pelajaran 2021, Rachmad menyampikan beberapa kendala kepada para anggota dewan itu.

Diantaranya banyak siswa yang tidak memiliki kartu keluarga (KK) sekitar 38%. Dan pihak sekolah meminta diganti dengan surat keterangan domisili.

“Permasalahan lainnya adalah SKTM yang dimiliki siswa tidak ada barcode dari kementerian, hanya SKTM dari desa dan Dinsos,” jelasnya.

“Tahun ini dari kuota afirmasi sebanyak 50 yang diterima hanya 36 siswa. Kami juga merasakan sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tiap tahun kami selalu kelebihan calon siswa yang mendaftar, baru tahun 2021 kekurangan seperti ini,” jelas Rachmad.

Kemudian ditambahkan Lasmita, dari kuota sejumlah 252, terisi hanya 204 siswa dengan fasilitas 7 rombongan belajar. (khoi/rel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.