by

Harga Beras dan Telur di Pasar Baturaja Naik

Beritatotal.com – Harga beras di pasaran Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mulai merangkak naik. Untuk beras kualitas yang bagus sekarang ini biasanya dari Rp 9.300-Rp9.500 per kg mengalami kenaikan hingga Rp 10.000 per kg. Bahkan untuk beras jenis Pandan Wangi sekarang ini di jual di pasaran baturaja sekitar Rp 13.000 sampai Rp 13.500 per kg.

“Kemarin memang sempat turun beras ini. Namun sekarang mulai merangkak naik lagi. Misalnya beras Pandan Wangi dari Rp 12.500 per Kg sekarang ini Rp 13.500 per Kg. Ya bagaimana lagi memang kondisinya seperti itu,” ucap Afik pedagang beras di pasar, Senin (3/4).

Lebih dari itu, selain harga yang mahal beras jenis pandan wangi ini juga susah di dapat. Berbeda dengan beras-beras jenis lainya. “Kalau saya dapat informasi sekarang ini kan musim panen sudah hampir selesai. Beras jenis ini juga sedikit petani yang menanam,” kata Afik, paling juga kalau ada beras jenis itu dari stok gabah kering dari petani.

Kenaikan beras ini juga diiringi kenaikan harga telur ayam ditingkat pengecer mengalami kenaikan. Dari Rp 17000-Rp 18000 per kilogram (Kg) saat ini menjadi Rp 19.000-Rp 20.000 per kilogram (kg). Naiknya harga telur ini diakui sudah terjadi tiga hari belakangan.

“Saat ini harga telur naik. Naiknya harga telur ini memang harga di agen mengalami kenaikan. Selain itu terlur bebek juga mengalami kenaikan. Dari Rp 60.000 perkarpet saat ini naik menjadi Rp 68 ribu sampai 70 ribu perkarpet,” kata Bay seorang pedagang telur.

Naiknya harga telur ini tentunya berdampak pada penjulan. Sebab kata dia pembeli seakan menahan. Biasanya beli sampai 2 kg sekarang ini pasca kenailan perpembeli hanya membeli 1 kg bahkan setengah kilogram saja.”omset penjualan pastinya menurun. Pembeli juga menurun. Kalau harga telur ini biasalah naik turun. Kalau sekarang kenaikannya tidak terlalu drastis. Biasanya kenaikan tinggi jika dimendekati hari-hari besar. Misalnya menjelang puasa dan lebaran. Kalau sekarang kenaikannya masih standar,” ceritanya, berharap agar harga kembali normal kembali. (bar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.