by

Duo Mantan Perwira Kamboja Kini Bertugas di OKU

Kompol Zulkarnain beserta isteri (kiri) saat dijamu makan malam oleh AKBP Tito Hutauruk dan isteri di Rumah Dinas Kapolres OKU, Sabtu malam (5-10-2019)

Beritatotal.com – Sepekan ini. Dua jabatan penting di lingkungan Markas Besar Kepolisian (Mapolres) Ogan Komering Ulu (OKU), berturut-turut mengalami pergantian.

Jabatan pertama, pucuk pimpinan Polres OKU yakni kepala kepolisian resort (Kapolres) yang sudah 2,7 tahun diemban AKBP Dra NK Widayana Sulandari, dilepas untuk selanjutnya diamanahkan ke pejabat baru AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH.

Keduanya telah mengikuti serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres OKU di Mapolda Sumsel pada Kamis (26-09-2019) lalu. Usai sertijab di Mapolda Sumsel, AKBP Tito dan AKBP Ketut menjalani prosesi penerimaan dan pelepasan di Mapolres OKU pada 30 September 2019. Dilanjutkan pisah sambut di Pendopo Kabupaten OKU malam harinya.

Selang empat hari aktif menahkodai Mapolres OKU, AKBP Tito mendapat patner baru yang diamanahkan sebagai wakilnya. Yakni Kompol Zukarnain SH SIK MH. Dia menggantikan pejabat lama Kompol Nurhadiansyah SIK SH yang saat ini sedang mengikuti pendidikan Sespimmen (Sekolah Pimpinan Menengah) TA 2019.

Sertijab Wakapolres OKU dipimpin langsung AKBP Tito di Gedung Serba Guna Mapolres OKU, bertepatan peringatan hari jadi TNI ke-74 yang jatuh 5 Oktober 2019.

Sah. Kedua perwira menengah (Pamen) ini kini menjadi pucuk pimpinan penting di Mapolres OKU yang bermarkas di Jl Lintas Baturaja – Muara Enim, Kelurahan Batukuning. AKBP Tito sebagai Kapolresnya dan Kompol Zulkarnain jabat Waka Polres.

Ada yang menarik dari kehadiran dua pamen baru di Bumi Sebimbing Sekundang ini. Dimana baik AKBP Tito maupun Kompol Zulkarnain pernah bertugas di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Ilir Timur (IT) I Palembang di era yang berbeda. Mapolsek IT I Palembang berlokasi di kawasan Kamboja, KM 3,5. Sehingga sering disebut Polsek Kamboja.

AKBP Tito waktu bertugas di Polsek Kamboja sekitar tahun 2005 menjabat Kepala Unit (Kanit) Reserse dan Kriminal (Reskrim). Hingga kini karirnya sudah melesat dan bersinar menjabat dua kali Kapolres. Sebelum dilantik menjadi Kapolres OKU AKBP Tito adalah Kapolres Prabumulih.

Hebatnya. AKBP Tito berhasil membawa Polres Prabumulih menyabet penghargaan nasional sebagai Polres dengan Zona Ingtegritas berpredikat WBK (Wilayah Bersih Korupsi). Setali tiga uang. Polres OKU yang kini dipimpinnya atau ditinggalkan AKBP Ketut juga berpredikat sama. Capaian prestasi tersebut sama-sama ditorehkan AKBP Tito dan AKBP Ketut di tahun yang sama di wilayah masing-masing.

Lalu, Kompol Zulkarnain pernah menjabat apa di Kamboja? Setelah di tarik ke Mapolda Sumsel dari jabatan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kassat Reskrim) Polres OKU, kala berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP), Zulkarnain kemudian ditunjuk memimpin Polsek IT I alias Polsek Kamboja.

Dari sini berturut-turut Kompol Zulkarnain menjabat Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Muara Enim, Waka Polres Lubuk Linggau dan kini Waka Polres OKU. Bertugas di OKU, salah satu mantan perwira pertama (Pama) yang menjadi Kepala Polsek Kamboja ini bukan hal yang baru.

Kompol Zulkarnain punya kenangan tak terlupakan seumur hidupnya berkarir di kepolisian. Sewaktu jabat Kasat Reskrim, Kompol Zulkarnain langsung mendapat cobaan terjadinya tragedi oknum polisi lalu lintas di sini menembak seorang anggota Yon Armed.

Peristiwanya terjadi tujuh hari setelah AKP Zulkarnain (pangkatnya kala itu) bertugas disini. Di hari keempat puluhnya bertugas, peristiwa menggegerkan jagat nasional bahkan mendunia tersebut pecah. Yakni penyerangan dan pembakaran Mapolres OKU oleh oknum anggota Yon Armed Martapura.

Terlepas dari kenangan pahit Kompol Zulkarnnain, kini Duo Mantan Pama Polsek Kamboja di atas diberi kepercayaan pimpinan mereka untuk bertugas di OKU. Mantan Kanit Reskrim Polsek Kamboja 2005 Iptu Tito Hutauruk kini sebagai Kapolres OKU dengan pangkat AKBP, dan mantan Kapolsek Kamboja 2015 AKP Zulkarnain kini sebagai Wakapolres OKU dengan pengkat Kompol. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.