by

Dapat Kabar Jadi Kapolres, AKBP Arif Banguni Isteri dan Browsing Tentang OKU Sampai Dinihari

(foto: ist) Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga dan isteri

Beritatotal.com – Jabatan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ogan Komering Ulu (OKU) sejak Jumat pagi, 21 Februari 2020 , resmi diemban  AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH.

Mantan  Kanit IV Ditreskrimsus Polda Jawa Barat diangkat sebagai Kapolres OKU berdasarkan surat telegram (ST) Kapolri Jendral Pol Idham Aziz , Nomor ST / 388 / II / KEP./2020. Ia menggantikan AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH dimutasi ke Yanma Mabes Polri.

Dibincangi beritatotal.com, soal telegram kapolri yang beredar luas pada 3 Februari 2020 lalu yang ada namanya masuk jajaran perwira menengah (pamen) mendapat promosi jabatan sebagai kapolres di wilayah Sumsel, AKBP Arif mengaku sempat kaget.

“Kaget Bro. Waktu itu saya mau sholat Isya dan ada pesan WhatsApp dari teman-teman memberi ucapan selamat kalau saya ditugaskan sebagai Kapolres OKU Sumsel,” cerita AKBP Arif.

Di tengah kekagetannya itu, AKBP Arif memastikan kabar tersebut dan Ia pun mendapati juga telegram dimaksud.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1999 ini langsung membangunkan isterinya, Anggi Anggrian, yang sudah istirahat malam.

“Begitu tahu ada TR isteri langsung dibanguni, jadilah kami gak bisa tidur lagi. Ha ha,” tambah Kapolres. Waktu itu menurut Kapolres sudah jam 22.00 WIB.

Bukan tanpa alasan AKBP Arif dan isterinya tidak bisa tidur lagi malam itu. Disamping rasa tidak percaya belum juga hilang karena ditunjuk sebagai Kapolres OKU, malam itu juga langsung berpikir tentang Kabupaten OKU.

“Saya belum pernah tugas di Sumsel. Ke Sumsel hanya sebatas lewat saja. Malam itu juga saya dan isteri langsung browsing tentang OKU,” imbuhnya.

Dari wikipedia, AKBP Arif langsung mendapatkan informasi singkat Kabupaten OKU itu bagaimana. Demikian juga isterinya Anggi turut sibuk mencari-cari informasi profil calon wilayah yang bakal menjadi daerah tugas baru suaminya.

Menurut Kapolres Arif, Ia bisa tahu awal jika Kabupaten OKU dipimpin bupati yang akan habis masa jabatannya.

“Saya langsung berfikir tugas saya yang utama mengamankan pelaksanaan Pilkada,” tandasnya.

Selain informasi soal kabupaten ini masuk dalam wilayah yang akan digelar Pilkada serentak se Indonesia Tahun 2020, AKBP Arif juga tahu Ibukota Kabupaten OKU adalah Baturaja. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 300 ribu jiwa dan ada 13 kecamatan.

“Sudah beberapa kali wilayahnya ada pemekaran dan memiliki perlintasan kereta api juga. Baru itu saja yang kami dapat malam itu. Jadinya baru bisa tidur jam 3 dinihari,” pungkas AKBP Arif yang mengaku tidak asing dengan makanan khas Sumsel pempek.

Sebelum dipromosikan menjadi Kapolres OKU, jabatan AKBP Arif adalah Kasubdit I Dit Reskrimsus Polda Jabar. Dia menjabat di posisi tersebut dari 26 Oktober 2018 hingga 6 Januari 2020.

Sebelumnya berturut-turut AKBP Arif pernah menjabat Wakapolres Siak (Riau) dari April 2012 hingga Juli 2013.

Kasubbid Paminal Bid Propam Polada Riau dari Juli 2013 hingga Juli 2014, menjabat Wakapolres lagi di Polres Dumai Polda Riau dari Juli 2014 hingga September 2015, lalu Kasubdit Waster Dit Pam Obvit Polda Riau dari September 2015 hingga Mei 2016.

Selanjutnya menjabat Kasubdit 2 Dit Krimsus Polda Riau dari Mei 2016 sampai Desember 2017, kemudian selama hampir 10 bulan atau sejak 31 Desember 2017 ditugaskan sebagai Kabag Wasidik Dit Narkoba Polda Riau.

Baru kemudian dimutasi lagi Kasubdit I Dit Reskrimsus Polda Jabar jabatan terakhirnya sebelum promosi jadi Kapolres OKU. (djee)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.